Search

Demi Pengembangan Ekonomi Umat, Harum Mart Tuban Diresmikan

Majalahaula.id – Di tengah masa serba sulit dan mahal seperti sekarang, pengembangan ekonomi umat, harus terus dikembangkan. Demi hal inilah, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur perlahan tapi pasti terus membangun mini market Harum Mart di sejumlah daerah.
Harum Mart Sunan Bejagung Tuban, Sabtu (23/7) kemarin diresmikan sebagai mini market milik NU yang ketiga. Bertempat di JI. Letda Sucipto
I 05 Kelurahan Perbon Kabupaten Tuban, peresmian dihadiri Wakil Ketua PWNU Jatim Ir. M. Qoderi, MT, Direktur PT. Aula Utama Berkah NU Dr. H Echwan Siswadi MM dan Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Bejagung Drs. KH. Abdul Matin Djawahir, SH.

M”lni adalah Harum Mart ketiga yang kita bangun. Target kita nanti dalam menyambut Satu Abad NU kita akan ban gun I 00 Harum Mart di Jawa Timur,” ungkap Echwan. Pembangunan Harum Mart ini, menurut dia, merupakan ikhtiar PWNU Jatim untuk mengembangkan ekonomi warga Nahdliyin.
Dengan berdirinya Harum Mart, diharapkan ada keuntungan yang bisa dibagi dan dikembalikan ke organisasi sesuai dengan proporsinya. “Bila membeli di Harum Mart, keuntungannya sebagian masuk ke organisasi mulai dari MWC, PCNU, PWNU dan PBNU. Tapi proporsi terbesar tentu untuk pemodalnya misal pesantren atau organisasi lainnya,” jelas Qoderi dalam sambutan saat grand opening, kemarin.
Selain keuntungan, manfaat berdirinya Harum Mart, menjadi tempat atau display bagi produk UMKM warga di sekitar. Harum Mart membuka seluas­luasnya bagi UMKM yang ingin memasarkan produknya. “Bahkan bila perlu kami bisa memasarkan di kota lain jika produk tersebut pemasarannya bagus. Misal produk di Tuban ini laris bisa kita pasarkan juga di Surabaya,” terang Qoderi. Dengan pemasaran ini, Harum Mart memberi kesempatan usaha terutama warga nahdliyin yang punya usaha kecil. Atas peresmian ini, tuan rumah sekaligus pengasuh Ponpes Sunan Bejagung KH Abdul Matin Djawahir yakin pendirian Harum Mart akan mendapat sambutan positifwarga NU di Tuban. Bahkan tidak hanya warga Nahdliyin, Kiai Matin yakin warga non­NU juga akan banyak belanja di Harum Mart. “Selain harganya yang bersaing, keberadaan Harum Mart di jalan raya yang strategis menjadikannya jujugan untuk berbelanja,” ujar wakil Syuriyah PWNU Jatim ini. Bel um lagi pasar dari santri, wali santri dan keluarganya. Karena itu ia yakin Harum Mart di Tuban akan disambut baik warga Tuban. (vin)

Baca Juga:  Kajian Ramadhan, UPT Puskesmas Arjasa Sambut Ramadhan Berkah

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA