Search

Ratusan Mahasiswa IAINU Kebumen Ikut KKN di 26 Kecamatan

Setidaknya 342 mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen, Jawa Tengah secara resmi dilepas guna melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 26 kecamatan, Kamis (21/07/2022).

Penerimaan mahasiswa KKN IAINU Kebumen Tahun 2022 itu berlangsung di Pendopo Kabumian Rumah Dinas Bupati. Secara resmi Rektor IAINU Kebumen, Fikria Najitama menyerahkan mahasiswa KKN kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen, Ahmad Ujang Sugiono.

“Tema KKN mahasiswa IAINU Kebumen 2022 yakni strenghtening jamiyah: growing with the youth atau penguatan kapasitas jamiyah, bertumbuh bersama kaum muda,” kata Fikria Najitama.

Pihaknya telah membangun kesepahaman dengaan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan PC Fatayat NU Kebumen. Bahwa mahasiwa selama satu setengah bulan akan membantu peningkatan kapasitas kaum muda di 26 kecamatan dan 26 desa.

Baca Juga:  Ka. Kanwil Kemenag Jateng Ajak Seluruh Kepala Kantor Kemenag Kab/ Kota Mendukung Progam DPW FKDT Jawa Tengah.

“Modal mahasiswa selama enam semester kuliah sehingga telah memiliki bekal pemikiran kritis untuk ikut memecahkan persoalan di masyarakat. Bekal selanjutnya adalah berupa kemampuan kreativitas,” terangnya.

Selanjutnya kemampuan berkomunikasi guna membangun komunitas lintas sektoral di desa dan kecamatan. Yang juga penting yakni bekal kemampuan kolaborasi atau menjalin sinergi dan kemitraan dengan berbagai pihak.

“Kita ingin ubah keakuan menjadi kebersamaan. Kebersamaan dan berkolaborasi dengan kelompok, komunitas muda, pemerintah di desa dan kecamatan untuk membangun kebaikan bersama,” urai dia.

Menurutnya, Kabupaten Kebumen perlu membangun potensi kaum muda serta komunitas dengan mengangkat potensi lokal yang dimilikinya. Dia pun mengapresiasi Kebumen International Expo (KIE) guna mendorong potensi lokal daerah.

Baca Juga:  Selamatkan Identitas NU dari Kepentingan Politik Praktis

“Kampus IAINU Kebumen juga ikut partisipasi selama KIE dan semoga kelak menjadi international festival tahunan di Kebumen,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut tampak hadir Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kebumen, KH Moh Dawamuddin Masdar. Juga Wakil Rektor IAINU Kebumen, dekan serta dosen pembimbing lapangan. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA