Search

Ke Pelatihan UMKM, Sandiaga Dorong Kuliner Lokal Mendunia

Menparekraf Sandiaga Uno bersama Yayasan Indonesia Setara dan Gemawira Jabar V menggelar pelatihan pemberdayaan UMKM pembuatan bakso aci.

Sandiaga bantu bakso aci asal Garut, Jawa Barat, bisa mendunia. Sandiaga mengatakan, melalui program Kemenparekraf pemerintah dapat membantu produk yang dihasilkan UMKM agar dipasarkan hingga ke mancanegara. Di samping itu, para pegiat UMKM untuk terus berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi.

“UMKM harus terus berinovasi. Bakso aci bagian daripada inovasi. Karena sekarang banyak peminatnya. Kita punya program kementerian yang akan membawa produk UMKM-UMKM kita untuk ekspor,” kata Sandiaga di Kampung Garawangsa, Desa Sindangprabu, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Rabu (22/6/2022).

Selain itu, Sandiaga meminta peserta pelatihan untuk memanfaatkan teknologi dan digitalisasi. Dari situ bisa memperluas serta meningkatkan pemasaran produk yang dihasilkan para pegiat UMKM.

Baca Juga:  KemenKopUKM Gelar Business Matching Tahap 2, Dorong Belanja Daerah

“Kalau kita ingin kedepan bisa lebih bersaing, harus masuk kedalam digitalisasi,” ungkapnya.

Adapun peserta pelatihan ini diikuti oleh emak-emak hingga kalangan milenial. Pada pelatihan itu, para peserta mendapatkan praktik langsung dari pegiat UMKM bakso aci di wilayah Kabupaten Garut.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA