Search

Jajaran PWNU Jatim Kunjungi PW Muhammadiyah Jatim, Ada Apa?

Dalam rangka menyambut 1 Abad NU, jajaran Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengadakan silaturahim ke PW Muhammadiyah Jawa Timur. Kunjungan itu dipimpin langsung oleh KH Abdus Salam Shohib, yang juga Ketua Panitia 1 Abad NU, didampingi DR Hasan Ubaidillah (Wakil Sekretaris PWNU), Ir H M Amin Mujib dan H Rasidi (keduanya Wakil Bendahara PWNU).

KH Abdus Salam Shohib mengatakan, pihaknya mengadakan silaturahmi terkait kegiatan Kick Off dalam rangkaian Peringatan Satu Abad NU, yang akan digelar di Tugu Pahlawan Surabaya pada 28 Juli 2022. Dalam kegiatan rangkaian Peringatan Satu Abad NU menghadirkan tema “Harmoni, Kolaborsi dan Inovasi”.

“Maka dengan silaturahim dengan jajaran pimpinan PW Muhammadiyah, akan menunjukkan wajah Islam yang selalu mengedepankan tali silaturahim dan ukhuwah atau persaudaraan,” tutur Kiai Salam, yang cucu Rais Aam NU (1971-1980) KH Bisri Syansuri.

Baca Juga:  Harlah NU di Tengah Pandemi Gelar Agenda Besar, Bolehkah?

Kiai Salam yang juga menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang itu menambahkan dalam ajarannya. NU mengedepankan tiga ukhuwah. Yakni, Ukhuwah Wathoniyah (Persaudaraan sesama bangsa), Ukhuwah Islamiyah (Persaudaran sesama Islam) dan Ukhuwah Basyariah (Persaudaran sesama umat manusia), yang ditanamkan para pendiri NU sejak tahun 1926.

“Alhamdulillah, pertemuan berlangsung gayeng dan sangat akrab. Antusiasme dalam mengukuhkan kerukunan dua ormas Islam moderat di Indonesia, akan menjadikan kekuatan dalam NKRI. Silaturahim semacam ini, telah menjadi bagian dari laku para pimpinan NU dan Muhammadiyah di masa lalu,” tutur Kiai Salam.

Wakil Ketua PWNU Jawa Timur ini mengingatkan, kekuatan silaturahmi antara KH AR Fachruddin di Pondok Pesantren Tebuireng dan mampu mengulur waktu Salat Tarawih. Sehingga ada guyonan pada saat itu, santri-santri Tebuireng berhasil di-Muhammadiyahkan saat ngimami Salat Tarawih pada bulan Ramadhan itu.

Baca Juga:  Gelar Bakti Sosial dengan Bedah Rumah

Terkait acara Kick Off, Panitia Satu Abad NU mengajak dukungan PW Muhammadiyah dan ormas Islam lainnya. Bahkan, yang penting, “Kami meminta ada narasi dari PW Muhammadiyah soal Satu Abad NU, saat hadir dalam acara Kick Off nanti,” tuturnya.

Kiai Salam mengingatkan, adanya perbedaan antara NU dan Muhammadiyah merupakan keniscayaan. Tetapi, “Kami punya komitmen bersama untuk mengukuhkan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan saling menghargai sesama Muslim”.

Dalam pertemuan tersebut, berhasil disepakati kesepahaman untuk melanjutkan pembicaraan tentang isu-isu strategis. Disadari pula, perlunya menjalin kerja sama menghadapi Kebangkitan Islam pada milenial kedua, antara NU dan Muhammadiyah.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA