Search

Cara Mendidik Anak Generasi Alpha

Bagi anda calon orang tua atau yang sudah memiliki buah hati, namun masih merasa sulit atau belum tahu bagaimana cara mendidik anak generasi alpha. maka artikel ini cocok bagi anda.

Di Indonesia, tidak sedikit orang tua yang berpikir bahwa, mereka akan mendidik anak mereka seperti cara orang tua mereka mendidik mereka dulu. Dan mereka sering lupa bahwa cara berpikir dan perkembangan otak tiap anak di masing-masing generasi itu berbeda. Oleh sebab itu, kita sebagai orang tua, tidak bisa menerapkan pola asuh orang tua kita pada anak kita. Lalu, bagaimana cara kita mendidik anak generasi sekarang?

Cara mendidik anak generasi alpha

  1. Menanamkan Norma Agama Sejak Dini

     

    Akses teknologi yang pesat membuat si kecil terpapar informasi apapun baik positif maupun negatif. Hal ini membuat kita sebagai orang tua harus waspada karena informasi negatif di internet banyak sekali. Dengan ilmu agama yang baik, maka si kecil akan bisa membentengi dirinya dengan baik pula. Oh ya, bila kita sebagai orang tua merasa belum memiliki ilmu agama yang baik.

  2. Membimbing Anak dalam Berbagai Hal

    Perhatikan si kecil dalam kehidupannya sehari-hari, pantau perkembangan dan tingkah lakunya. Apabila si kecil melakukan hal negatif, maka beritahu bahwa yang dilakukannya itu tidak baik. Sebaliknya, bila hal positif yang ia lakukan, maka Ibu juga harus memberikan apresiasi.

  3. Menjadi Role Model yang Baik Untuk Anak

    Generasi alpha memerlukan sosok yang ingin mereka tiru. Apa yang mereka lihat sejak dini, itulah yang akan mereka lakukan di kemudian hari. Untuk itu, jadilah role model yang baik untuk si kecil ya, Bu.

  4. Memiliki Gaya Parenting yang Baik

    Bagaimana cara Ibu berkomunikasi kepada si kecil, bagaimana mengajak mereka bicara, mengajarkan si kecil hal-hal baru setiap hari, adalah contoh gaya parenting yang bisa kita terapkan sebagai orang tua. Bila perlu, Ibu bisa membaca banyak literasi atau mengikuti seminar mengenai gaya parenting yang baik untuk si kecil.

  5. Menciptakan Iklim Keluarga yang Positif

    Hal ini berkaitan dengan hubungan keluarga yang harmonis, sehingga si kecil akan tumbuh menjadi anak yang penuh dengan kasih sayang. Oleh karena itu, keharmonisan dengan pasangan dan seluruh keluarga besar perlu dijaga.

  6. Memberikan Permainan yang Tepat untuk Perkembangan Psikologi Anak

    Banyak hal yang bisa Ibu lakukan untuk merangsang pertumbuhan otak dan kecerdasan fisik maupun psikologis si kecil sebagai generasi alpha dengan permainan-permainan bermanfaat. Berikan permainan-permainan seru yang sesuai dengan usianya. Hal ini diperlukan agar anak bisa lebih melihat dan merasakan dunia asli, dibanding tontonan lewat gadget nya.

  7. Mengasah Kemauan dan Kemampuan Berjuang Pada si Kecil

    Mudahnya mendapatkan informasi juga membuat si kecil sebagai generasi alpha menjadi malas dalam mencari tahu sebuah hal. Terlebih, segala fasilitas yang ada membuat si kecil merasa apapun mudah untuk didapat sehingga membuat ia menjadi lebih malas. Ini menjadi tantangan para orang tua dalam memberikan pemahaman kepada mereka untuk mengasah kemampuan dan kemauan nya dalam berjuang.

  8. Membiasakan Anak Untuk Bersosialisasi

    Tingkah si kecil sebagai generasi alpha bila sudah memegang gadget memang mengkhawatirkan. Terlebih jika ia tampak tidak memperhatikan sekitar bila tengah asyik dengan gadgetnya. Hal ini yang harus diperhatikan oleh orang tua agar mereka bisa juga bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan teman-teman sebaya mereka.

    Memberi gadget biasanya dilakukan oleh para orang tua agar si kecil bisa diam atau tidak mengganggu pekerjaan mereka. Namun apakah hal itu merupakan cara yang bijak? Screen time untuk anak memang diperbolehkan, namun tetap dibatasi penggunaan dan waktunya agar anak tetap fokus dengan dunia nyata.

Itulah beberapa cara untuk mendidik anak generasi alpha. Jangan sampai salah mendidik anak, karena pengaruhnya akan berlangsung sampai ia besar.

Baca Juga:  Tragedi Libur Lebaran di Kolam Renang Kenpark Surabaya

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA