Search

Bangun tidur terasa pusing, lemas, bahkan mau jatuh. Mungkin ini penyebabnya

Bukannya jadi segar dan bersemangat saat bangun tidur, tapi anda malah merasa pusing, lemas, goyah, bahkan saat berdiri tubuh terasa seperti akan jatuh? disini kita akan sama sama mengenal apa penyebab dari semua hal itu.

Beberapa gejala tersebut ada yang berlangsung singkat tapi juga ada yang berlangsung lama. Saat pusing, mungkin anda akan merasa seperti sedang melayang, hilang keseimbangan, hingga merasa ingin pingsan. Perasaan pusing ini, juga bisa bertambah parah saat anda hendak berdiri, berjalan, berbaring, ataupun hanya sekedar menggerakkan kepala.

Beberapa kemungkinan penyebab terasanya pusing saat bangun tidur adalah

1. Hipotensi ortostatik
Ketika anda hendak bangun dari tempat tidur lalu merasa seperti goyah bahkan seperti ingin jatuh. kondisi tersebut, disebut hipotensi ortostatik atau juga bisa disebut hipotensi postural.
Hal ini disebabkan oleh, menurunnya tekanan darah saat seseorang bangun dari posisi duduk atau berbaring.

Baca Juga:  Vaksin COVID-19 Booster Kedua Mulai Pekan Ini, Siapa Saja yang Bisa Ikut?

2. Dehidrasi
Pada umumnya, penyebab kepala terasa pusing saat bangun tidur adalah dehidrasi. Saat tubuh kekurangan cairan, akan terjadi beberapa gangguan pada kesehatan tubuh. Salah satunya merasa pusing saat bangun tidur.
Dehidrasi yang membuat kepala pusing saat bangun tidur bisa disebabkan karena anda tidur di tempat bersuhu panas (hiertemia), kurang minum air putih, terlalu banyak minum kopi, teh, minuman berakohol sebelum tidur.

3. Efek samping obat-obatan tertentu
Mungkin tanpa anda sadari, ada beberapa jenis obat-obatan yang anda konsumsi, yang dapat menimbulkan efek samping pusing. Jenis obat-obatan tersebut diantaranya : antidepresan, antikejang,antihistamin, obat penurun tekanan darah, diuretic, obat penenang, dan antibiotik.

Untuk menghindari efek samping tersebut, sebelumnya anda harus membaca pentunjuk penggunaannya, atau juga bisa konsultasi ke dokter tentang efek samping sebuah oabt yang hendak anda konsumsi.
Beberapa tips untuk menghindari kepala terasa pusing saat bangun tidur
• Bangun dari posisi berbaring secara perlahan dan jangan terburu-buru.
• Minum air putih setidaknya 1 gelas sebelum tidur.
• Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein sebelum tidur.
• Konsumsi makanan yang bergizi.
• Rutin berolahraga.
• Kelola stres dengan baik.
• Lakukan pemeriksaan gula darah secara rutin, khususnya jika Anda memiliki penyakit diabetes atau sedang mengonsumsi obat diabetes.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA