Search

Ramah Lingkungan, LAZISNU Gunakan Besek Bambu untuk Bagi Daging Kurban

Pelaksanaan distribusi daging kurban dalam Program Nusantara Berqurban (Nusaqu) yang diadakan Lembaga Amil, Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) menggunakan besek dari bambu.

“Kami menggunakan besek bambu yang tentu ramah lingkungan sebagai pengganti kresek untuk pembagian daging kurban kepada masyarakat,” kata Ketua Panitia Kurban LAZISNU PBNU, Ending Syarifuddin, Senin (11/7/2022).

Menurutnya, penggunaan media ramah lingkungan dalam penyaluran daging kurban adalah sesuai dengan hasil Munas Konbes NU tahun 2019 terkait kampanye bebas plastik.

“Kami LAZISNU PBNU berupaya untuk turut andil dalam menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik,” tegasnya.

Dalam hal penggalangan hewan kurban, menurut Ending, LAZISNU PBNU mengoptimalkan melalui beberapa platform digital.

Baca Juga:  NU Care-LAZISNU Guluk-Guluk Sumenep Laksanakan Khitanan Massal

“Jadi selain penghimpunan secara konvensional via cash, transfer bank, dan penerimaan hewan secara langsung, kami juga menghimpun kurban lewat beberapa platform digital seperti lewat website crowdfunding kami sendiri NUcare.id, juga lewat marketplace Tokopedia, Shopee, BukaLapak, serta lewat aplikasi BSI mobile banking,” kata Ending.

Penghimpunan hewan kurban melalui nucare.id dapat dengan mengklik tautan nucare.id/qurban.

Saat ini, lanjutnya, transformasi digital adalah keniscayaan. Penghimpunan Ziswaf (zakat, infak, sedekah, wakaf) dan kurban harus menjadi bagian dari ekosistem digital karena semakin banyaknya pengguna internet.

“Prinsipnya terlibat atau terlibas (ekosistem digital). Namun dalam hal ini tentu tidak mengurangi esensi berkurban dengan menggunakan hewan kurban berkualitas, sesuai syariat, dan bebas dari PMK (penyakit mulut dan kuku),” imbuh Ending yang mengemban amanah sebagai Manajer Pendistribusian dan Pemberdayaan LAZISNU PBNU.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA