Search

KH Ma’ruf Amin – Tumbuhkan Kepekaan Sosial

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah yang akan jatuh pada Ahad (10/07/2022) besok. Banyak hal yang dipesankan orang kedua di negeri ini tersebut.

Kiai Ma’ruf mengatakan, selain bentuk pelaksanaan tuntunan agama, ibadah kurban yang dilakukan di Hari Raya Idul Adha merupakan bentuk kepekaan untuk berbagi dan peduli kepada sesama.

“Selain itu kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama apalagi pascapandemi seperti sekarang ini,” kata KH Ma’ruf dalam keterangan video, Sabtu (09/07/2022).

Dirinya menuturkan, dalam Hari Raya Idul Adha, umat Islam sangat dianjurkan untuk berkurban meski hukumnya sunnah muakkad dan ada beberapa ulama yang menganggap berkurban sebagai kewajiban. Hal tersebut memberikan pesan bahwa kepedulian sosial dengan melaksanakan kurban adalah sangat dianjurkan, bahkan bisa jadi pertaruhan.

Baca Juga:  H Nusron Wahid Perhatikan Jaminan Kehilangan Kerja

Ia mengatakan, berkurban memiliki dampak sosial yang positif karena daging kurban akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Apalagi sejumlah kalangan selama ini belum merasakan makan daging imbas dari belum pulihnya kondisi ekonomi imbas pandemi.

Untuk itu, KH Ma’ruf kembali mengingatkan agar penyedia hewan kurban memastikan hewan-hewannya terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sedang mewabah. Jangan sampai niat baik untuk berbagi, ternyata justru menimbulkan masalah baru, yakni tersebarnya penyakit.

“Sebab berkurban dengan hewan yang terkena PMK hukumnya tidak sah, di samping itu daging dari hewan kurban tersebut nantinya akan didistribusikan dan dinikmati oleh masyarkat luas,” ujar dia.

Kiai yang poernah menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini berharap, perayaan Idul Adha dapat meningkatkan keimanan, ketaatan, dan kepatuhan umat Islam kepada Allah SWT. Dengan demikian, bukan semata menjalankan perintah agama, juga dapat mengambil hikmah dari pelaksanaan ritual ibadah tersebut. Karena banyak hikmah yang dapat diambil dari pelaksanaan ibadah, termasuk aspek sosial.

Baca Juga:  Pesan Wapres di Hari Anak Nasional: Di Tangan Kalian Masa Depan Negara Ditentukan

“Dan di tengah pandemi Covid-19 ini semoga semangat berkurban akan semakin mempererat persaudaraan antara sesama manusia,” kata dia.

(Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA