Search

H Ali Masykur Musa – Munculkan Spirit Komite Hijaz

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) menggelar temu NU Sedunia di tengah proses ibadah haji, Rabu (06/07/2022). Acara yang digelar di Hotel Arkan Bakkah 2, Makkah, Arab Saudi. Tampak hadir utusan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), badan otonom, lembaga, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama, Pengurus Cabang nahdlatul Ulama, dan PCINU lainnya yang akan menjalankan ibadah haji.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), H Ali Masykur Musa yang ikut hadir mengatakan, temu NU sedunia memiliki makna strategis.

“Yakni untuk mengembalikan semangat Komite Hijaz, yaitu memperjuangkan Islam Ahlussunnah Waljamaah di tengah-tengah pengaruh wahabisme dan paham-paham Islam lain yang berpenetrasi di Indonesia,” katanya.

Baca Juga:  Fadli Zon Tak Ada Penundaan Pemilu

Dirinya mengajak agar semangat KH Abd Wahab Chasbullah yang memimpin Komite Hijaz melakukan langkah diplomasi kepada Raja Arab Saudi agar Aswaja tidak dilarang berkembang di Arab Saudi.

“Juga agar situs-situs Rasulullah dan sahabat-sahabatnya di Mekkah dan Madinah tidak dihancurkan,” kata Cak Ali, sapaan akrab Ali Masykur Musa, dalam keterangan tertulisnya

Mantan anggota Badan Pemeriksa Keuangan  atau BPK ini mengajak agar seluruh warga NU se-Dunia, khususnya di Indonesia memiliki semangat juang yang tinggi. Yang mendesak dilakukan adalah dengan memperjuangkan Islam Aswaja sebagai paham mayoritas umat Islam Indonesia.

Dalam praktiknya, para kader dan aktivis NU harus berani membentengi masjid, mushala, dan lembaga pendidikan di lingkungan NU agar tidak disusupi paham-paham keagamaan lain seperti Wahabi, Hizbut Tahrir Indoensia (HTI) dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Johanis Tanak Korupsi Juga Dipicu Keluarga

“Itulah makna yang harus diambil di balik acara temu NU Sedunia di Arab Saudi ini. Dengan memetik hikmah seperti itu, Komite Hijaz sebagai embrio berdirinya NU selalu hidup sepanjang zaman,” katanya.

Seperti diketahui, silaturahmi dan temu NU sedunia kembali digelar di Makkah, Rabu (06/07/2022). Kegiatan yang digelar setiap tahun pada musim haji ini disambut dengan antusias oleh warga dan pengurus NU yang sedang melaksanakan ibadah haji di Makkah.

(Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA