Search

Berburu Durian di Keindahan Puncak Ratu Pamekasan

Selain terkenal dengan Wisata Api Abadi, Pamekasan masih memiliki banyak wisata yang menarik. Termasuk wisata alamnya dengan beragam keunikan. AULA Traveler bisa mencoba datang ke wisata Puncak Ratu yang mempersembahkan panorama berbeda. Puncak Ratu menyuguhkan keasrian dan kesejukan yang cukup memanjakan wisatawan.

Objek wisata alam yang terletak di Desa Tebul Barat, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur itu, menawarkan kesegaran alam bagi pengunjungnya. Tempat ini udaranya masih cukup segar, jauh dari polusi dan hiruk pikuk kepadatan kendaraan seperti di kota.

Puncak Ratu juga menghadirkan sejumlah spot foto yang menarik. Pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan perbukitan di wilayah utara Kabupaten Pamekasan dari Puncak Ratu ini.

Tertarik untuk mengunjunginya? lokasinya tidak terlalu jauh dan mudah dijangkau. Perjalanan yang ditempuh hanya butuh waktu 30 hingga 40 menit dari Alun-Alun Arek Lancor Pamekasan ke arah utara Pamekasan.

Baca Juga:  4 Destinasi Wisata Religi Populer di Samarinda

Sepanjang perjalanan menuju bukit indah itu, pengunjung akan dimanja dengan deretan pepohonan durian. Sehingga wisatawan yang bekunjung bisa menikmati pemandangan yang indah sambil menikmati lezatnya durian khas Pamekasan.

“Banyak spot foto kekinian yang kami siapkan untuk para wisatawan, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan sambil menikmati durian asli desa kami,” ujar Moh Ali Purwanto, pemilik destinasi wisata Puncak Ratu yang juga kepala Desa Tebul Barat, Minggu (6/3/2022) lalu.

Sedangkan di lokasi, wisatawan akan dimanja oleh suasana hutan yang cantik. Pepohonan yang dikelilingi bunga-bunga indah dengan nuansa alam yang masih asri.

Kendati begitu, berbagai fasilitas bagi pengunjung sudah tersedia, seperti kafe, spot swafoto, gubuk-gubuk bernuansa bunga hingga tempat pertemuan. Sejumlah toilet bersih juga tersedia, sehingga tidak membuat gelisah wisatawan.

Baca Juga:  Program The Land of Content Diluncurkan, Konten Kreator Akan Gali Hidden Gem di Indonesia

Gagasan membuat destinasi wisata yang becorak keindahan alam, merupakan upayanya mengeksplorasi potensi desanya. Dampak yang diharapkan adalah mampu menggeliatkan perekonomian masyarakat disekilingnya.

“Kami inginkan para pemuda disini bisa sekreatif mungkin dan mandiri secara ekonomi, sejahtera dalam kehidupannya. Alhamdulillah saat ini sudah ada 13 orang yang kami rekrut untuk bekerja di Puncak Ratu,” terangnya.

Tidak sekedar jadi tempat bersantai, Puncak Ratu juga kerap jadi lokasi kegiatan para mahasiswa dari berbagai kampus di Madura. Antusiasnya sambutan dari wisatawan, membuatnya sadar harus tetap menjaga fasilitas yang tersedia.

“Kami terus melakukan perbaikan untuk menunjang berbagai kelengkapan fasilitas, di sana sudah tersedia 2 café, 4 tempat spot foto yang kekinian, karenanya kunjungilah Puncak Ratu untuk berwisata, ada panorama pegunungan yang bisa memanjakan ribuan mata para wisatawan, dan sangat cocok untuk tempat berwisata keluarga,” tutupnya.

Baca Juga:  Indonesia Tak Meniru Thailand yang Bebaskan Visa

Rini, salah satu pengunjung asal Surabaya, mengatakan bahwa kedatangan dirinya ke tempat wisata tersebut tidak lain untuk liburan dan ingin menghilangkan rasa penasaran saja.

“Jadi pada saat saya sampai pada tempat ternyata pemandangan tempat wisata tersebut sangat indah dan hijau. Dari atas bukit juga terlihat daerah pantura Pamekasan,” katanya.

Selain disuguhkan dengan pemandangan yang indah, wisata Puncak Ratu juga dikelilingi pohon sengon atau pohon albasia layaknya wisata hutan pinus. Sekitar 100 pohon Sengon memberikan kesejukan tersendiri bagi para pengunjung.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA