Search

Susi Pudjiastuti – Pilpres Harus Realistis

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta relawan yang mendukungnya maju pada Pilpres 2024 untuk berpikir rasional. Susi menilai, tidak mungkin dia diusung menjadi calon presiden (capres).

“Harus rasional dong, realistis dong. Kan tidak mungkin partai dunia maya, tidak punya threshold, tidak punya apa-apa dalam dunia nyata, mau nyalonin presiden. Ya enggak mungkin dong,” ujar Susi saat ditemui di Graha Ardhya Garini, Jakarta Timur, Ahad (03/07/2022).

Susi menjelaskan, deklarasi yang dilakukan Komunitas Pendukung Ibu Susi (Kopi Susi) sebenarnya sebatas acara silaturahim saja. Susi mengaku kangen dengan para relawan Kopi Susi, sehingga memutuskan bertemu di Jakarta.

“Ini gerakan moral, bukan gerakan politik,” ucap dia.

Baca Juga:  Puan Maharani Harapan kepada Fatayat NU

Sementara itu, Susi mengatakan, dia juga belum ditarik partai politik mana pun untuk diusung sebagai capres. Susi mengaku pernah beberapa kali bertemu ketua umum parpol, tetapi bukan membahas politik.

“Kalau ketemu hari-hari ya kan makan bareng. Ke tempat hajatan, ketemu. Ya banyak,” imbuh Susi.

Adapun Kopi Susi mendeklarasikan Susi Pudjiastuti maju pada Pilpres 2024. Deklarasi ini digelar di Graha Ardhya Garini, Ahad siang.

“Pada hari ini, izinkan kami mendeklarasikan keberadaan komunitas kami. Dengan ini mendeklarasikan komunitas Kopi Susi ini sebagai langkah konkret kami dalam mengenalkan sosok Ibu Susi sebagai salah satu alternatif calon pemimpin di masa depan,” ujar Amri, salah satu perwakilan Kopi Susi saat membacakan teks deklarasi.

Baca Juga:  Iim Fahima Jachja - Masalah Cuti Perempuan

Ketua panitia acara Kopi Susi, Virawati, menjelaskan bahwa pihaknya melihat Susi Pudjiastuti sebagai sosok yang ideal dan tegas. Virawati menyatakan, Kopi Susi awalnya terbentuk dari media sosial. Selain itu, Virawati menepis isu komunitas ini dibiayai pihak tertentu, termasuk oleh Susi Pudjiastuti.

“Oligarki dia enggak suka, polarisasi dia enggak demen. Kami penginnya seperti itu, berniat memajukan Ibu Susi sebagai calon presiden,” tutur dia.

Virawati mengatakan, Kopi Susi akan mencoba memperkenalkan kembali Susi Pudjiastuti yang pernah menjadi menteri. Menurut Virawati, Susi adalah calon alternatif presiden yang patut dipertimbangkan.

(Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA