Search

Resep Pesto Tanpa Kacang

Pesto adalah saus pendamping pada kuliner khas Italia, biasanya untuk salad dressing, pasta, dan ayam panggang. Pesto terbuat dari daun basil segar, kacang pinus, dan minyak zaitun. Kamu bisa membuat pesto tanpa kacang pinus yang tidak mudah didapat di Indonesia dan harganya cenderung lebih mahal.

Resep pesto kali ini mirip dengan saus pistou khas Perancis. Simak resep pesto tanpa kacang berikut ini, dikutip dari laman Thespruceeats.com. Cara membuatnya cukup mudah, hanya perlu tiga langkah dalam memasaknya.

Resep pesto basil tanpa kacang Bahan:

380 gram basil segar 80 ml minyak zaitun extra-virgin, dibagi 2 sdt perasan lemon 4 siung bawang putih, cincang Garam secukupnya Lada hitam atau merica secukupnya

Baca Juga:  Ke Pelatihan UMKM, Sandiaga Dorong Kuliner Lokal Mendunia

Cara membuat pesto basil tanpa kacang:

  1. Bilas daun basil dan keringkan dengan lembut dengan handuk atau tisu dapur. Buang batang yang lebih besar dan tebal dari daun, karena pahit dan teksturnya berkayu.
  2. Siapkan blender atau food processor, masukkan setengah minyak zaitun dan semua perasan lemon. Tambahkan daun basil serta bawang cincang, tutup lalu proses sampai tercampur dengan rata. Selama blender berjalan, masukkan setengah minyak zaitun lain secara perlahan, blender sampai halus.
  3. Tambahkan garam dan lada hitam atau merica sesuai selera. Pesto siap digunakan untuk berbagai masakan, atau simpan dalam wadah tertutup pada lemari es hingga satu minggu. Tips menyimpan pesto agar tahan lebih lama Simpan pesto dalam wadah tertutup di lemari es hingga dua hari.
Baca Juga:  Resep Kolak Pisang Ubi

Selain itu kamu bisa membekukan pesto dalam cetakan es batu tertutup, atau masukkan ke dalam kantong plastik klip. Pesto beku dapat bertahan sampai enam bulan, keluarkan sesuai kebutuhan untuk masakan pasta maupun saus.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA