Search

Publik Percaya Keseriusan Pemerintah Tangani Covid-19

Setelah berlangsung selama kurang lebih dua tahun, penanganan terhadap Covid-19 yang dilakukan pemerintah mendapat apresiasi masyarakat. Mayoritas percaya bahwa Joko Widodo selaku Presiden RI demikian serius dalam menangani penyebaran virus ini.

Hal tersebut dibuktikan dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Jakarta (LSJ). Dari penjajakan pendapat dan respons warga tersebut menunjukkan, sebanyak 80,6 persen responden menilai kinerja pemerintahan Jokowi menangani pandemi Covid-19 dalam kategori baik.

Hal itu diketahui berdasarkan survei yang dilaksanakan LSJ pada medio 28 Mei-6 Juni 2022 terhadap 1.450 responden di 34 provinsi.

“Sedangkan kurang puas sangat buruk 19,4 persen,” kata Peneliti LSJ Fetra Ardianto dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (17/06/2022).

Baca Juga:  Crazy Rich Surabaya Jadi Tersangka Investasi Robot Beromzet Rp9 Triliun

Fetra mengatakan, dalam survei tersebut, responden juga ditanya terkait penetapan status endemi Covid-19 di Tanah Air. Hasilnya, sebanyak 89,1 persen responden setuju dengan penetapan status endemi. Sementara, 10,9 persen responden lainnya tidak setuju.

“Kesimpulan publik siap menjalani aktivitas sehari-hari sebelum pandemi hadir,” ujarnya.
Selanjutnya, Fetra mengatakan, hasil survei menunjukkan sebanyak 85,8 persen responden setuju dengan pelonggaran masker di luar ruangan dan 14,2 persen responden masih ragu-ragu dan tidak setuju.

“69,1 persen responden percaya efektivitas vaksin dalam hadapi virus dan 24,8 persen ragu-ragu dan 4,1 persen tidak percaya,” ucapnya.

Adapun populasi survei ini adalah seluruh calon pemilih dalam Pemilu 2024 yang berusia 16 tahun ke atas. Pemilihan sampel responden melalui teknik multistage random sampling. Margin of error yang ditetapkan sebesar kurang lebih 2,57 persen dengan level of confidence 95 persen.

Baca Juga:  Selandia Baru Hapus Ketentuan Wajib Vaksin dan Tes Covid-19 sebagai Syarat Perjalanan

Pengumpulan data dilakukan secara tatap muka dengan seluruh responden yang dipandu dengan kuesioner. Dan memang selama ini sejumlah terobosan dilakukan pemerintah demi memastikan penyebaran Covid-19 dapat dicegah. Kendati menimbulkan pro dan kontra, namun secara umum penanganan virus Corona dapat berjalan sesuai harapan.

Hal tersebut dapat dilihat dari ketaatan sejumlah warga untuk mematuhi beragam imbauan yang diberlakukan. Warga dengan antusias melakukan vaksinasi hingga tingkatan booster, termasuk menggunakan masker hingga kini.

(Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA