Search

Bisnis Makanan Street Korean Food, Peluang Usaha saat Pandemi

Bisnsi street Korean food adalah bisnis kuliner dengan menggunakan makanan ringan/snack dari Korea sebagai menu utama. Makanan ringan ini umumnya di Indonesia hanya dijual di mall, restaurant autentik makanan Korea dan online saja. Tapi dengan semakin tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap budaya Korea termasuk makanannya. Penjualan makanan ringan ini pun semakin tinggi, sehingga semakin mudah untuk didapatkan. Itu kenapa bisnis ini menjadi salah satu jenis bisnis kuliner paling cuan dimasa pandemi ini.

Nah, kamu yang tertarik ingin memulai bisnis kuliner street food Korea milikmu sendiri. Berikut beberapa tips dan persiapan yang harus dipahami agar bisa sukses memulai bisnis makanan kekinian yang satu ini:

1. Persiapkan Modalnya

Harga modal untuk memulai bisnis street food Korea tidak terlalu mahal, berkisar antar 3-5 juta rupiah. Total modal ini sudah termasuk untuk pembelian gerobak makan, alat masak, dan bahan makanan.

Baca Juga:  Cara Memulai Bisnis Setelah Pensiun

2. Pilih Lokasi sekitar Kantor, Kampus, Sekolah atau Taman

Pilihlah lokasi penjualan yang ramai di kunjungi atau dilewati banyak orang. Karena berkonsep street food dan cepat saji. Artinya kamu tidak perlu repot-repot memilih tempat dengan kategori ruko dimana pembeli bisa dine in. Pilih saja lokasi pinggir jalan dimana pembeli dapat membeli untuk langsung dibawa pulang/take away.

3. Pasang Harga yang Ramah

Namanya juga street food, yah pantang hukumnya memasang harga yang terlalu mahal. Apalagi modal yang dikeluarkan tidak lah terlalu besar. Takutnya bukannya untung malah buntung. Pasanglah harga makanan dengan harga layaknya jajanan pinggir jalan pada umumnya. Antar Rp10 ribu – Rp15 ribu per menu.

Baca Juga:  15.000 UMKM Bergabung ke Platform Pasar Digital

4. Pastikan Tempat Jualan Bersih dan Enak Dilihat

Pilihlah lokasi penjualan yang jauh dari tempat kotor seperti got atau tempat sampah. Karena hal seperti itu bisa mempengaruhi penjualan. Selain itu, selalu bersihkan gerobak makanan dan membuang sampah dagangan dengan rutin agar pembeli percaya dengan kebersihan barang dagangan kamu. Apalagi dimusim pandemi seperti ini dimana orang lebih sensitif lagi terhadap kebersihan.

5. Punya Media Sosial

Sekarang tidak bisa main media sosial tidak usah mimpi mau mencoba bisnis kekinian seperti bisnis street food Korea ini. Selain memberikan kamu platform gratis untuk promosi. Media sosial juga bisa membuat kamu menjangkau lebih banyak pembeli. Dari media sosial kamu pun bisa secara mudah mengekspansikan bisnis mu ke ranah bisnis online.

Baca Juga:  188 UMKM Rintisan Mahasiswa Ahmad Dahlan Ikuti Pameran UAD FAIR 2022

6. Jual secara Online Juga

Jika kamu ingin lebih banyak lagi yang membeli jajanan Korea ditempat mu maka manfaatkan aplikasi atau bisa juga situs e-commerce untuk berjualan secara online. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti GoFood, GrabFood atau ShopeeFood untuk berjualan online.

7. Jangan Lupa Strategi Promosinya

Sudah menjadi tradisi untuk wajib memberikan diskon atau promo menarik saat awal-awal terjun ke dunia bisnis apapun bisnisnya. Nah, untuk bisnis jajanan Korea ini kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi, bisa juga di aplikasi GoFood dan GrabFood mu atau memasangnya langsung ditempat kamu berjualan.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA