Search

Ini 4 Tempat Wisata di Parepare Bisa Jadi Rest Area

Bagi traveler dari Makassar yang melintas darat ke arah Sulawesi Barat, menuju ke kawasan wisata Toraja ataupun perjalanan jauh ke Luwu Raya, Kota Parepare bisa menjadi titik untuk beristirahat sementara.

Sejumlah tempat wisata gratis di Parepare bisa menjadi tempat singgah untuk beristirahat sambil menikmati pesona kota kecil di pesisir Selat Makassar ini.

Di kota kelahiran mantan Presiden BJ Habibie ini, ada beberapa taman eksotis yang bisa menjadi rest area. Tempat melepas penat sementara bagi Anda sebelum melanjutkan perjalanan ke kota tujuan.

Pemkot Parepare memang gencar membangun infrastruktur berupa ikon-ikon kota. Ikon-ikon baru ini dibangun dengan nilai estetika. Ada Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun, Tonrangeng River Side (TRS) juga Kebun Raya Jompie.

Selain ikon-ikon kota tadi, ada sejumlah taman kota yang bisa menjadi rest area pilihan anda. Tak perlu khawatir, taman-taman ini mudah diakses dan paling penting gratis alias tak perlu bayar.

Baca Juga:  7 Destinasi Wisata Religi Lintas Agama

Berikut beberapa tempat wisata Parepare yang bisa menjadi referensi anda untuk beristirahat saat perjalanan jauh:

1. Taman Mario

Taman Mario terletak di jalan Mattirotasi, Kota Parepare. Taman ini berbatasan langsung dengan bibir pantai di Teluk Parepare. Miniatur perahu pinisi menjadi ikon taman seluas 30O meter persegi ini.

Sejumlah fasilitas sudah disediakan seperti rumput sintetis, ayunan dan seluncuran menjadi tempat yang cocok bagi anda beristirahat dan melepas penat bersama keluarga. Taman ini biasanya ramai pada sore hari.

Tempat wisata Taman Mario di Parepare yang bisa jadi pilihan untuk beristirahat saat perjalanan jauh.

2. Taman Mattirotasi

Tak jauh dari Taman Mario, ada Taman Mattirotasi. Sesuai namanya, taman ini juga berlokasi di jalan Mattirotasi . Taman Mattirotasi memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Pada saat menjelang sore, taman ini cukup ramai oleh para pengunjung yang ingin menikmati matahari terbenam (sunset view). Di taman ini juga sudah tersedia barisan gazebo yang dapat digunakan para pengunjung untuk duduk-duduk menikmati matahari terbenam.

Baca Juga:  Temui Kapolres Parepare, PMII Laporkan Kasus Terkini

Pada pagi dan sore hari ini taman ini ramai karena jadi pilihan untuk olahraga. Selain memiliki jogging track, terdapat juga lahan kosong yang bisa menjadi tempat bermain futsal.

Taman Mattirotasi yang bisa dijadikan tempat istirahat perjalanan jauh sembari menikmati indahnya sunset di pinggir laut.

Selain itu, dari taman ini anda bisa menyaksikan kapal-kapal yang hilir mudik di sekitaran Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare. Berada di jalur Trans Sulawesi membuat tempat ini bisa jadi pilihan anda.

3. Anjungan Cempae

Taman seluas 800 meter persegi ini menjadi ikon terbaru kota Parepare, berada di garis pantai Cempae, anjungan ini menjadi salah satu favorit warga terutama pada pagi dan sore hari.

Meskipun belum resmi dibuka secara umum, anjungan dengan desain artistik ini sudah ramai dikunjungi. Anjungan ini cukup instagramable. Pasalnya, banyak spot foto yang tersedia di lokasi tersebut untuk anda yang gemar pamer foto di media sosial anda.

Baca Juga:  Reog Ponorogo Resmi Diajukan sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO

Anjungan Cempae yang sedang hits di Parepare karena suasananya yang Instagramable. Di lokasi ini, juga tersedia fasilitas bermain untuk anak. Awalnya lokasi anjungan ini kawasan kumuh namun kemudian disulap dan dipercantik Pemkot Parepare.

4. Taman Syariah

Sesuai namanya Taman Syariah dipenuhi dengan ornamen bernuansa Islami. Selain arsitektur bernuansa islami, di sudut taman juga terdapat taman baca. Pemkot Parepare

Dulunya taman Syariah merupakan eks bangunan kamar jenazah RSUD Andi Makkasau. Namun setelah lokasi RS dipindahkan, kesan angker makin menguat di lokasi tersebut.

Tempat wisata Taman Syariah, yang dulunya terkesan angker karena bekas kamar jenazah rumah sakit, kini menjadi indah bisa jadi tujuan beristirahat saat singgah di Parepare.

Bangunan lama kemudian dibongkar berganti taman. Kini taman Syariah menjadi salah satu favorit tempat warga Parepare melepas penat.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA