Search

Hari Ini CJH Kloter Pertama Masuk Asrama Haji Surabaya

Calon Jamaah Haji (CJH) Kelompok Terbang pertama Embarkasi Surabaya dari Tuban, Jawa Timur, dijadwalkan masuk Asrama Haji Surabaya (AHS) di Sukolilo pada Jumat (03/06/2022). Persiapan pun dilakukan oleh pihak AHS dan petugas sejak beberapa hari sebelumnya, dari infrastruktur penunjang hingga pengetatan protokol kesehatan.

Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Sukolilo Surabaya (AHESS) Sugianto mengatakan, beberapa persiapan dilakukan di antaranya pengasapan mencegah DBD yang telah dilakukan pekan lalu dan selanjutnya akan dilakukan rutin setiap pekan. Menurut dia, pengetatan prokes bakal berlaku pada semua operasional haji sekalipun warga.

Selain itu, pihaknya juga melakukan tes PCR kepada seluruh petugas yang melaksanakan tugas di AHS, tak terkecuali wartawan. Tes PCR dilakukan sejak Kamis kemarin dan dilanjutkan pada Jumat ini. Selanjutnya, setiap lima hari sekali petugas haji (PPIH) juga diwajibkan tes antigen.

Baca Juga:  Bupati Situbondo Bertekad Kuatkan Sinergi dengan Muslimat NU

Sugianto menerangkan, hal itu dilakukan sebagai antisipasi melindungi jemaah haji dari Covid-19 saat karantina di AHESS. ’’Vaksin juga ya minimal dosis II. Tiga lebih baik. Alhamdulillah, kami dapat bantuan 2.000 antigen dari kepolisian,’’ ungkapnya dikutip dari Jawapos.com.

Sugianto menegaskan, pembatasan dan pengecekan protokol kesehatan juga berlaku untuk pengunjung atau pengantar jemaah. Selama menjalani karantina, lanjut dia, CJH tidak diperbolehkan menerima pengunjung.

’’Pengantar juga dibatasi, ya. Bisa masuk kalau menunjukkan hasil negatif antigen dan vaksin lengkap. Kru bus juga sama, ewajib antigen,’’ paparnya. ’’Tapi, yang pasti tidak ada jadwal kunjungan,’’ imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Husnul Maram mengatakan, CJH Kloter Pertama Embarkasi Surabaya masuk ke Asrama Haji Surabaya (AHS) pada Jumat, 3 Juni 2022, pekan depan. “Kloter Pertama jamaah dari Kabupaten Tuban,” katanya usai pengukuhan PPIH di AHS Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu pekan lalu, dikutip VIVA pada Kamis (26/05/2022).

Baca Juga:  Sudah 73 Haji Indonesia Wafat di Tanah Suci

Satu malam dikarantina, CJH Kloter Pertama kemudian diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sedati, Kabupaten Sidoarjo, pada keesokan harinya, Sabtu, 4 Juni 2022. “Kalau awal operasional haji akan dimulai pada hari Jumat, tanggal 3 Juni 2022,” tandas Husnul.

Alumnus Fakultas Syariah UIN Surabaya itu menjelaskan, tahun ini Embarkasi Surabaya melayani CJH sebanyak 16.967 orang yang tergabung dalam 38 kloter. Rinciannya, CJH asal Jawa Timur sebanyak 16.087 orang, asal Bali sebanyak 318 orang, asal Nusa Tenggara Timur sebanyak 291 orang, asal Palembang sebanyak 119 orang, dan petugas kloter sebanyak 152 orang.

NF

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA