Search

Cara Belajar Efektif agar Maksimal

Salah satu masalah terbesar di perguruan tinggi/sekolah adalah fokus pada tugas kuliah/sekolah. Mungkin kamu tidak bisa fokus ketika sepertinya ada begitu banyak gangguan di sekitarmu. Ya, terkadang cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan membuat catatan di kelas dan bersiap untuk ujian apa pun yang akan kamu hadapi, tetapi juga perlu waktu untuk belajar efektif untuk ujian itu.

Saat belajar efektif, tidak hanya akan mempelajari lebih banyak materi dalam waktu yang lebih singkat, tetapi juga memahaminya dengan lebih baik. Dilansir dari Eudeka, ada lima tips belajar efektif yang bisa kamu coba.

Pertama. Spaced Repetition merupakan teknik pembelajaran yang bergantung pada peningkatan interval waktu antara mereview materi yang dipelajari sebelumnya untuk meningkatkan retensi jangka panjang.

Baca Juga:  Siswa JIS Kembangkan Software untuk Nelayan Berlayar Tanpa Solar

Berikut ini penelitian tentang spaced repetition secara ilmiah oleh peneliti : Spaced Repetition meningkatkan konsolidasi ingatan ke tingkat yang lebih besar daripada pengulangan massal dan menyediakan waktu untuk ingatan untuk mengkonsolidasikan meningkatkan konsolidasi/ rekonsolidasi pembelajaran tambahan yang dapat masuk ke dalam kerangka kerja yang sama, menghasilkan pembelajaran yang lebih cepat dan retensi yang lebih baik. (Smith, C. D., & Scarf, D., 2017).

Kedua. Mencatat ini keterampilan penting bagi murid, kreatif, profesional, dan banyak lainnya. Ini adalah cara belajar efektif untuk tidak hanya mengingat apa yang telah kamu pelajari tetapi juga untuk mengatur pikiran kamu. Pastikan kamu membuat catatan dengan cara yang sesuai untuk kamu sehingga dapat dengan mudah dicerna di kemudian hari.

Baca Juga:  Ratusan Lembaga Pendidikan Islam Siap Meriahkan Muslim Edufest 2023

Metode pencatatan dapat membantu kamu membuat catatan dengan berbagai cara yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kuncinya hanya menemukan yang cocok untuk kamu!

Ketiga. Fokus untuk mencapai tujuan tertentu, kamu harus fokus. Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada menetapkan tujuan dan tidak dapat mencapainya. Dan alasannya adalah, dalam banyak kasus, kita berusaha terlalu keras di banyak bidang yang berbeda tanpa memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang sebenarnya kita inginkan.

Kita semua tahu bahwa kita perlu fokus dan berorientasi pada tujuan untuk menjadi sukses. Kita harus belajar untuk memblokir gangguan, jika tidak fokus kita akan terganggu. Kita tidak tidak boleh membiarkan diri kita teralihkan atau membiarkan hal-hal menjadi tidak terkendali.

Keempat. penting untuk mengatur. Jika bukan kamu, tidak ada orang lain yang akan melakukannya. Jaga jadwal dan rencana kamu sebelumnya, Tetap pada tenggat waktu dan jangan tunda, Gunakan planner yang bisa dengan mudah kamu bawa.

Baca Juga:  2.540 Siswa Meriahkan Porsema Ke-XII di Sukorejo

Kelima. Teknik Feynman adalah metode pembelajaran yang efektif untuk mempelajari dasar-dasar suatu topik menggunakan diagram. Strategi pembelajaran ini akan membantu kamu belajar lebih cepat dan efisien.

Kamu dapat menggunakan teknik Feynman untuk menjelaskan bagian terpenting dari topik yang kamu pelajari. Kamu dapat melakukan ini dengan menuliskan pemikiran kamu di papan tulis, atau kertas. Kemudian lihat semua orang dan jelaskan secara sederhana kepada siapa saja yang belum pernah melihat ide tersebut sebelumnya. Setelah selesai, jelaskan kerumitannya dengan cara yang mudah dipahami.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA