Search

Nikmati Kemolekan Pantai Parai Tenggiri Bak Pemain Film

Seiring populernya Pantai Tanjung Tinggi yang tampil dalam salah satu bagian di Film Laskar Pelangi, pantai-pantai lain di Kepulauan Bangka pun mulai dikenal keberadaannya.

Di luar dugaan, kepulauan yang ada di timur Pulau Sumatera ini, ternyata memiliki banyak objek wisata pantai dengan keindahan yang membuat takjub siapa saja.

Salah satu pantai yang merupakan andalan di sektor pariwisata Kepulauan Bangka adalah Pantai Parai Tenggiri. Pantai berpasir putih dengan warna air biru tosca ini, kian hari kian diburu wisatawan yang gemar menghabiskan waktu libur di kawasan pantai.

Nah, kali ini kami akan mengulas tentang Pantai Parai Tenggiri yang dulunya konon sering dikunjungi Presiden Soekarno. Kami akan ulas lengkap mulai dari sejarahnya, harga tiket masuk, hingga apa saja daya tarik yang dimilikinya.

Baca Juga:  Penerapan Ganjil Genap di Puncak Bogor

Awalnya pantai ini dikenal dengan nama Pantai Hakok. Sebagaimana kebanyakan pantai di Kepulauan Bangka, Pantai Hakok pun menjadi sumber mata pencaharian penduduk sekitar.

Dulu, kawasan pantai setiap harinya dipenuhi kapal-kapal nelayan. Pantai ini pun selalu ramai karena menjadi titik temu antara para nelayan dan para pedagang ikan.

Pantai Hakok kemudian berganti nama menjadi Pantai Parai Tenggiri. Nama ini konon diberikan oleh Presiden Soekarno yang menurut cerita sering berkumpul dan berdiskusi bersama teman-temannya di kawasan pantai.

Tentu ada alasan dibalik penamaan pantai ini dengan nama Pantai Parai Tenggiri. Lagi-lagi menurut cerita sejarah, kata “Parai” dipilih Presiden Soekarno untuk mengungkapkan keindahan Pantai Hakok.

Baca Juga:  Tips Solo Camping untuk Pemula

Lalu kata kedua yaitu “tenggiri”, konon dipilih karena sang presiden bersama teman-temannya sering menangkap dan membakar Ikan Tenggiri di pinggir Pantai Hakok.

Namun demikian, saat ini di Pantai Parai Tenggiri sudah tidak ditemukan lagi kapal-kapal nelayan. Setelah dibuka sebagai tempat rekreasi, yang ada di pantai ini hanyalah fasilitas serta wahana wisata saja.

Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan pantai, pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp. 25.000. Harga tiketnya mungkin terbilang mahal, tapi sudah sepadan dengan keindahan, fasilitas serta wahana yang akan Anda temukan di kawasan Pantai Parai Tenggiri.

Rute

Pantai ini beralamat di Desa Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Bagi wisatawan luar pulau, akses ke lokasi pantai bisa melalui jalur udara dengan tujuan Bandar Udara Depati Amir.

Baca Juga:  Nikmati Keindahan Pantai Parai Tenggiri di Bangka

Kemudian setelah tiba di bandara, perjalanan bisa dilanjutkan via jalur darat dengan jarak kurang lebih 40 kilometer.

Wisatawan luar pulau tentu belum mengetahui rute ke Pantai Parai Tenggiri. Karena itu, saran kami gunakan saja jasa travel yang nanti akan mengantarkan Anda langsung ke lokasi pantai.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA