Search

Laksamana Yudo Margono – Prioritaskan SDM Unggul

Ada kebutuhan mendesak yang akan menjadi perhatian utama dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono. Yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul menjadi prioritas utama TNI AL. Dengan demikian, hal itulah yang akan menjadi perhatian dalam kepemimpinannya mendatang.

Penegasan ini sebagaimana amanat Yudo yang dibacakan Wakil KSAL Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono. Hal itu dibacakan pada upacara Hari Pendidikan TNI AL ke-76 di Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (13/05/2022).

“Sehingga penyediaan personel berikut pendidikan dan pelatihannya menjadi bagian yang sangat penting bagi kelanjutan organisasi,” kata Yudo dalam keterangan tertulis.

Dirinya mengatakan, dalam menjalankan tugas pertahanan negara, TNI AL membutuhkan insan-insan yang patriotis dan pantang menyerah. Sehingga dengan demikian, hal itu akan menjadi perhatian di masa kepemimpinannya.

Baca Juga:  In Memoriam KH. Sholeh Sahal, Berpulangnya Ulama Seribu Umat dari Surabaya

Pada konteks inilah, kata Yudo, pendidikan TNI AL memiliki makna yang semakin sentral dalam pembangunan SDM.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan pembinaan kekuatan TNI AL, terutama pada struktur Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terdiri dari KRI, pesawat udara, Marinir dan pangkalan yang sangat bergantung kepada kualitas SDM yang mengawakinya.

Karena itu, Yudo menegaskan, pembangunan SDM bukan hanya tentang kualitas, namun juga kuantitas.

“Sehingga guna memenuhi kekurangan jumlah pengawak alutsista dan organisasi, TNI AL telah membentuk Satuan Pendidikan (Satdik)-1 di Tanjung Uban, Satdik-2 di Makassar, dan Satdik-3 di Sorong serta berencana akan membentuk Satdik-4 di Manado,” terang dia.

Pada upacara tersebut juga dilaksanakan penyematan secara simbolis penganugerahan tanda kehormatan Bintang Satya Lencana Kesetiaan 32 Tahun, 24 Tahun, 20 Tahun dan 8 Tahun kepada para personel militer dan PNS yang bertugas di lembaga pendidikan TNI AL.
Penyematan ini sebagai penghargaan dan penghormatan. Hal tersebut berdasarkan atas prestasi, dedikasi dan loyalitas serta kesetiaan dalam pengabdian tugas di lembaga pendidikan TNI AL. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA