Search

Gelar Lomba Membatik, Disdikbud Kota Pasuruan Harap Generasi Muda Mencintai Batik

Peserta bersemangat membatik dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional, Selasa (10/5). (Foto: Erri Kartika/Jawa Pos Radar Bromo)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan menggelar Lomba Membatik pada Selasa 10 Mei 2022. Lomba yang diikuti 30 peserta dari Sekolah Dasar (SD) /Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (SMP) se-Kota Pasuruan itu diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan Mualif Arif menyampaikan lomba membatik ini digelar rutin setiap tahun, kendati sempat vakum karena pandemi, kurun 2 tahun terakhir kembali digelar. Dan tahun ini Lomba Batik mengambil tema “Cinta Batik Pesisir” sehingga bisa muncul motif baru yang inovatif untuk mengembangkan kreasi batik di Kota Pasuruan.

Pria yang akrab disapa Arif mengatakan bahwa kegiatan rutin lomba batik ini adalah untuk mengembangkan jiwa seni. Selain itu, memberikan pesan agar generasi muda khususnya Kota Pasuruan terus mencintai batik.

Baca Juga:  Kemenag-LPDP Upgrade Kompetensi 1.700 Dosen Pemula Kemenag

“Lomba batik ini adalah salah satu usaha menjaga kelestarian dan kecintaan kita akan batik. Terutama dengan Tema Cinta Batik Pesisir, agar bisa memunculkan batik khas Kota Pasuruan yang memiliki kearifan lokal,” terangnya.

Lebih lanjut, kata Arif, dengan munculnya motif baru yang inovatif diharapkan mampu menumbuh kembangkan kreatifitas perajin batik Kota Pasuruan secara berkelanjutan. “Termasuk memunculkan generasi-generasi pembatik muda milenial,” tambahnya. Lomba membatik ini juga dalam melaksanakan Kurikulum baru yaitu Merdeka Belajar.

Lomba Batik kemarin diikuti 20 peserta dari SD/MI dan 10 peserta SMP/MTs. Peserta yang ikut ini sudah menjadi finalis terbaik dari seleksi pengumpuan desain batik sebelumnya. Mereka semua langsung membatik di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan sejak pukul 08.00 sampai selesai hingga sore hari. Tampak peserta antusias mencatik motif-motif khas Kota Pasuruan yang menggambarkan tema kekayaan pesisir Kota Pasuruan.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA