Search

Mendikbudristek Ajak Masyarakat Manfaatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim saat memberikab sambutan mengajak masyarakat untuk mengikuti program beasiswa pendidikan Indonesia. /tangkapan layar kanal YouTube Kemendikbudristek RI.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia yang sudah dibuka.

Beasiswa Pendidikan Indonesia merupakan tindak lanjut dari kebijakan perluasan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP yang diluncurkan melalui melalui Merdeka Belajar episode kesepuluh.

“Pada 2022 Beasiswa Pendidikan Indonesia diberikan kepada 3.735 penerima beasiswa baru untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Nadiem dalam video yang diunggah di kanal YouTube Kemendikbudristek.

Nadiem menjelaskan, Kemendikbudristek terus meningkatkan jumlah penerima beasiswa, peningkatan tersebut untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi baik di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Baca Juga:  Penyebab Mutu Pendidikan di Indonesia Rendah

“Perluasan beasiswa LPDP memberikan kesempatan bagi peningkatan kapasitas melalui program gelar dan non gelar,” ujarnya.

Ia mengatakan, melalui program ini, pemanfaatan Dana Abadi Pendidikan yang dikelola oleh LPDP dapat menjangkau sasaran yang lebih luas, beragam, dan tepat sasaran.

“Selain untuk pendidikan gelar, beasiswa LPDP mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa, guru, dosen, dan tenaga kependidikan melalui program microcredential,” ucapnya.

Ia mengatakan, perluasan beasiswa LPDP untuk mendobrak batasan-batasan dalam program beasiswa yang ada sebelumnya, program ini tidak hanya diberikan untuk jenjang Pascasarjana, melainkan untuk mahasiswa jenjang S1, seniman, dan pelaku budaya.

“Mereka bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi pascasarjana, melalui program beasiswa ini diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang unggul,” katanya.

Baca Juga:  Kritik RUU Sisdiknas, Pergunu Minta Mendikbudristek Buka Ruang Dialog

Nadiem menuturkan, dengan merdeka belajar Kemendikbudristek tidak hanya berfokus pada peningkatan pendidikan, tetapi lebih banyak mendorong masyarakat dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk kuliah di kampus kampus kelas dunia.

“Salah satunya dengan mengembangkan program beasiswa pendidikan Indonesia, sekarang non gelar pun bisa diberi kesempatan untuk mengikuti program tersebut,” tuturnya.

Tahun lalu Kemendikbudristek memberikan pusat layanan pembiayaan pendidikan telah memberikan beasiswa kepada 2.179 insan pendidik, pada 2022 Kemendikbudristek menambah kuota 3.735 penerima.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA