Search

Wisata Punthuk Kreweng, Jadi Penggerak Ekonomi Warga Delik Bojonegoro

Keberhasilan membangun wisata Punthuk Kreweng menempatkan Desa Mojodelik di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur sebagai satu dari 15 pemenang Program Desa BRILian 2021 Batch 2. Selain menjadi ikon wisata, Punthuk Kreweng menjadi penggerak ekonomi bagi warga Desa Mojodelik

Kepala Desa Mojodelik Yuntik Rahayu mengaku dirinya terkejut saat desa yang dipimpinnya terpilih menjadi salah satu pemenang Desa BRILian.

“Saat diumumkan ikut dalam 15 besar pemenang Desa BRIlian saya menangis, senang dan terharu,” kata Yuntik dalam keterangan tertulis, Selasa (8/2/2022) lalu.

Ia mengungkapkan setiap mengikuti pertemuan virtual dirinya dan beberapa pihak desa Mojodelik merasa minder, lantaran Punthuk Kreweng merupakan tempat wisata baru yang tengah dirintis warganya.

“Kita baru memulai buat wisata sedangkan yang lain sudah berjalan dan sudah bisa memberikan PAD (Pendapatan Asli Desa) buat desa. Kami baru merangkak,” sebut Yuntik.

Baca Juga:  Jaga Kekompakan, LPBI di Bojonegoro Gelar Halal Bihalal

Yuntik menyatakan kemenangan ini menjadi motivasi bagi warga Desa Mojodelik untuk lebih bekerja lebih giat lagi dalam membangun desa Mojodelik sehingga layak disebut Desa BRILian.

Sebagai pemenang Desa BRILian 2021 Batch 2, 15 desa termasuk Desa Mojodelik memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 20 juta dan pendampingan dari BRI selama 3 bulan. Sementara itu, 25 desa pemenang lain mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta.

Executive Vice President of Social Entrepreneurship & Incubator Division Bank BRI Endah Nurhayati menerangkan tahun ini Program Desa BRILian mendapatkan animo begitu tinggi, hingga pelaksanaan dibagi dalam dua batch. Endah menyampaikan sebagai bank yang berfokus pada pengembangan UMKM, BRI bangga dapat turut menggerakkan ekonomi daerah dengan beragam potensi.

Baca Juga:  9 Minuman Sehat Pengganti Kopi

“Masyarakat desa merupakan pilar penting ekonomi, baik itu dari Pemerintah Desa, BUMDes, maupun para pelaku UMKM-nya. Kami senantiasa terbuka untuk dapat melengkapi menjadi satu kesatuan dari program-program desa dengan berbagai produk layanan yang ada,” tutur Endah.

Sebagai informasi, Punthuk Kreweng yang berada di atas lahan seluas hampir 7 hektar, memanfaatkan luas sekitar 3 hektar untuk menyajikan wisata bagi berbagai kalangan. Di sana, wisatawan akan mendapatkan pemandangan apik yang terdiri dari perkebunan, hutan, lembah, sungai, hingga tebing.

Tak hanya untuk keluarga, Punthuk Kreweng pun kerap menjadi tujuan penggemar olahraga ekstrim. Terdapat sirkuit motor trail yang terkenal memiliki tantangan berupa seribu tanjakan.

“Dengan adanya program Desa BRIlian di Desa Mojodelik menjadikan desa tersebut menjadi desa yang bermanfaat untuk masyarakatnya lantaran program-program yang dilaksanakan menjadi ladang ilmu bagi masyarakat setempat,” sahut perwakilan BRI Unit Gayam Kota Bojonegoro Resi Fitikasari.

Baca Juga:  Kerugian Akibat Kebakaran Gunung Bromo Rp89,76 Miliar

Pada saat bersamaan, kehadiran Punthuk Kreweng juga menjadi peluang usaha bagi warga Desa Mojodelik, misalnya dengan membuka warung makanan dan minuman. Terlebih dengan posisi di pinggir jalan utama menuju lokasi Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB), semakin banyak wisatawan mengunjungi Punthuk Kreweng.

Fasilitas di kawasan wisata tersebut terus ditingkatkan, termasuk wahana flying fox dan wisata outbound. Pemerintah dan warga Desa Mojodelik memperindah lokasi wisata dengan menanam berbagai tumbuhan dan bunga berwarna-warni, melengkapi pemandangan matahari senja di antara perbukitan dan lembah.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA