Search

Indahnya Taman Nasional Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah

Indonesia memiliki beberapa taman nasional yang diketahui menjadi daya tarik besar untuk mendatangkan para wisatawan. Salah satunya adalah Taman Nasional Kepulauan Togean. Taman nasional ini diketahui memiliki daya tarik besar. Lokasi yang elk ini disebut sebagai rumah dari Suku Bajo dan berdiam di masing-masing pulaunya. Kondisi geografis yang membuatnya juga lebih mudah untuk dijangkau. Jika Anda salah satu yang ingin datang, segera simak apa saja yang dibutuhkan dalam berlibur ke sana.

Taman Nasional Kepulauan Togean ini memang berada di Teluk Tomini. Setidaknya ada tiga pulau cantik yang ada di sana dan memiliki ciri khas masing-masing. Tidak hanya karena letak geografisnya yang mudah dijangkau tetapi ada banyak alasan mengapa taman nasional ini memang begitu indah.

Baca Juga:  Wisata Ziarah dan Berdoa di Makam Nyai Ageng Pinatih Gresik

Pulau Kadidiri dikenal sebagai pulau yang suasananya sejuk dan begitu sunyi. Hanya ada tiga resort yang ada di tempat ini yakni salah satunya adalah Paradise Resort. Belum lagi akomodasi cantik ini memang memberi pemandangan menakjubkan. Lokasinya langsung menghadap ke bibir pantai sehingga menawarkan panorama pantai dan juga laut yang langsung bisa Anda lihat dari balik jendela.

Sementara di sekitar resort sendiri juga ada dermaga fotogenik serta beberapa pohon kelapa yang rindang. Nuansa sore di Kadidiri juga begitu memanjakan. Sementara panorama matahari terbenam juga memperlihatkan adanya perpaduan pantulan warna hijau tosca dan jingga khas pemandangan senja. Tentu melihat ini akan disayangkan jika tak diabadikan dalam sebuah potret.

Baca Juga:  8 Destinasi Tempat Bersejarah di Madinah

Pulau berikutnya bernama Pulau Kabalutan yang memiliki jumlah penduduk paling banyak diantara pulau lainnya. Terutama yang menjadi bagian dari Taman Nasional Kepulauan Togean. Lokasi ini juga diketahui dengan sebutan Pulau JAnda karena memang ada banyak wanita setempat yang berstatus janda. Penyebabnya bisa beragam mulai dari angka kematian yang tinggi, bercerai hingga ditinggal suami yang merantau.

Sementara rata-rata pencaharian warga di Kabalutan ini adalah nelayan. Apalagi Suku Bajo sendiri juga sudah lama terkenal akan kemampuan melautnya dimana mereka bisa menyelam tanpa menggunakan bantuan alat. Meskipun belakangan banyak juga yang mulai mengandalkan teknologi modern.

Tidak hanya berwarna biru muda tetapi perairan di Pulau papan ini juga disebut begitu jernihy sehingga barisan karang bisa Anda lihat jelas dari permukaan. Ketika sampai di daratan, ada deretan papan yang sepanjang mata memandang. Bahkan papan ini juga merupakan jalan setapak bagi masyarakat yang ada di sana.

Baca Juga:  Rahasia Buah Mengkudu di Makam Aulia

Salah satu tempat yang menjadi ikon pulau ini adalah jembatan papan yang panjangnya kurang lebih 1000 meter. Papan meliuk di atas permukaan laut dan adanya jembatan ini menambah keunikan dari atmosfer Pulau Papan. Bahkan ada beberapa penduduk sekitar ada yang membangun kediaman mereka di atas permukaan laut yang indah.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA