Search

Wisata Pantai Menganti Kebumen, Destinasi Eksotis Seperti di Selandia Baru

Jelajah pantai Indonesia tak ada habisnya, kali ini AULA Traveler harus coba datang ke Menganti Kebumen yang dijuluki sebagai New Zealand-nya Indonesia. Ya, pemandangan disajikan pantai eksotis di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini memang menakjubkan, bahkan mirip dengan pesona pantai di Selandia Baru.

Pantai Menganti cantik dengan pasir putih berpadu hamparan laut biru Samudera Hindia, batu karang dan dibentengi bukit hijau.

Nama Menganti diyakini berasal dari kata “Menanti”. Konon dulu ada panglima perang Majapahit yang melarikan diri ke pesisir selatan ini karena hubungan asmara dengan kekasihnya tidak direstui raja.

Pantai Menganti berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kecamatan Gombong, bisa ditempuh dalam waktu satu jam. Rute paling cepat menuju Pantai Menganti dari Gombong melalui Kecamatan Ayah. Perjalanan kemudian diteruskan melewati Jalan Pantai Menganti.

Baca Juga:  Pameran Artefak Nabi di Tangerang

Setelah sampai di tempat parkir, Anda harus menaiki beberapa anak tangga untuk sampai ke tepi pantainya. Di timur pantai bisa dilihat panorama Tanjung Karangbata. Letaknya menjorok ke lautan, mirip yang ada di Uluwatu dan Nusa Penida.

Kawasan pantai pasir di Menganti berada di sisi barat. Kawasan ini merupakan pantai nelayan. Ketika siang hari, banyak perahu nelayan yang berlabuh di tepi pantai. Di pantai nelayan, terdapat banyak warung makan dan kamar mandi yang disediakan untuk pengunjung.

Di sekitar tanjung berserakan bebatuan yang disebut merupakan sisa letusan gunung api purba. Para pengunjung biasanya mengabadikan keindahan pantai menganti dari atas tebing keteb widadari. Dari atas tebing tersebut, terlihat pemandangan pesisir dilengkapi perbukitan hijau dengan pasir putih dan air yang jernih.

Baca Juga:  Kemenparekraf Rombak 3 Pejabat

Pengunjung bisa menjelajahi kawasan bukit yang berada di timur-selatan Pantai Menganti. Untuk pergi ke sana, tersedia tumpangan pikap gratis.

Bukit tersebut berada di Tanjung Karangbata dan sering disebut sebagai Bukit Gazebo. Gazebo dapat dipakai beristirahat oleh pengunjung sembari menikmati panorama laut yang berpadu dengan hijaunya pegunungan. Untuk bisa beristirahat di pondokan, pengunjung tidak perlu membayar.

Di Sekitar sana terdapat Lembah Menguneng yang menjadi area outbond di atas ketinggian, mulai dari sepeda gantung sampai balon udara.

Tersedia juga beberapa spot foto yang sudah dibangun, salah satunya yakni Jembatan merah. Sesuai dengan deskripsi, jembatan tersebut berwarna merah dan berdiri di atas batu karang.

Baca Juga:  Serunya Liburan di Taman Gajah Tunggal

Pengunjung yang senang berkemah pun bisa melakukannya di kawasan perbukitan Tanjung Karangbata. Jika berkemah di sini, maka kamu akan menikmati keindahan sunrise.

Ada juga Puncak Mercusuar yang menjadi spot populer wisatawan untuk menikmati sunset maupun sunrise sambil melihat pemandangan Pantai Menganti dari atas.

”Aku beberapa kali sering ke sana sama teman-teman,dari masih sepi (pantai) sampai sekarang sudah ramai. Seringnya paling ke atas bukit sambil duduk di saung santai-santai melihat pemandangan dari atas bukit itu udah paling bagus sama menunggu matahari terbenam baru pulang,” kata Sandy Affero, seorang wisatawan yang pernah ke Pantai Menganti.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA