Search

Wisata Ziarah Wali, Kenali Siapa Sunan Bejagung Kidul

Sunan Bejagung kidul atau Syekh Hasyim Alamuddin merupakan putra Raja Hayam Wuruk yang pada saat masih berada di lingkungan kerajaan bernama Kusumawardani yang memaksa memeluk agama islam.

Keinginannya untuk masuk agama islam tetap bergelora, meskipun pertentangan dari lingkungan istana kerajaan masih tetap terjadi.

Kusumawardhani, sebelum masuk agama islam dia mencoba berguru kepada Syekh Jumadil Kubro yang masih merupakan ayah dari Syekh Abdullah Asyari atau Sunan Bejagung. Namun, keinginan putra raja itu tidak dipenuhi oleh Syekh Jumadil Kubro, melainkan hanya sebuah arahan yang dia dapat.

Arahan untuk belajar agama islam kepadaa putranya, Kusumawardhani disuruh Syekh Jumadil Kubro untuk menemui Syekh Abdullah Asyari atau Sunan Bejagung. Dengan niat yang tulus, putra raja itu berangkat untuk menemui Kanjeng Sunan Bejagung.

Baca Juga:  Pariwisata di Tomohon Sulawesi Utara Mulai Bangkit

Begitu bertemu Sunan Bejagung, maka Kusumawardhani langsung mempelajari agama islam kepada sang guru. Meski dia berasal dari lingkungan kerajaan, tak membuatnya untuk goyah dalam belajar agama Allah.

Lambat laun, ilmu agamanya semakin baik berkat sang guru karena terus dipelajari hingga benar-benar mendalami, sesudah itu akhirnya dia memantapkan qolbu (hatinya) untuk memeluk agama islam. Mungkin putra raja itu mendapatkan ketenangan saat memeluk islam.

Begitu mahir agamanya, maka Sunan Bejagung mempercayakan padepokannya kepada Kusumawardhani atau Syekh Hasyim Alamuddin, yang saat ini dikenal dengan Sunan bejagung kidul.

makam Sunan Bejagung Kidul berada di Kecamatan Semanding.Di sekitar makam ini terdapat situs peninggalan pondasi masjid, petilasan Dalem Kasunanan Bejagung, dan dilestarikan oleh masyarakat Bejagung dalam bentuk Pondok Pesantren Sunan Bejagung.

Baca Juga:  Okupansi Hotel di Jawa Timur Naik saat Libur Sekolah

Fasilitas dan Akomodasi

Objek wisata ziarah ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik, semua fasilitas tersebut disediakan agar para pengunjung merasa nyaman ketika berada di Makam Sunan Bejagung Kidul.Tak jauh dari objek wisata tersebut sudah tersedia area parkir untuk kendaraan roda dua maupun empat, maka dari itu kamu tidak perlu repot lagi mencari tempat parkir untuk kendaraanmu. Rest area juga terdapat di sekitar kawasan Makam Sunan Bejagung Kidul untuk pengunjung yang ingin melepas lelah ataupun sekedar bersantai selama berada di sana. Tak lupa dengan toilet yang juga tersebar di beberapa titik untuk pengunjung yang ingin buang air kecil dan besar.

Baca Juga:  Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Jadi Ikon Wisata Religi Sulsel

Tempat ibadah juga terdapat tak cukup jauh dari objek wisata tersebut, jadi pengunjung dapat menunaikan kewajibannya setelah selesai berkunjung ke Makam Sunan Bejagung Kidul. Selain itu, kamu juga akan menemukan rumah makan, dan berbagai toko yang letaknya cukup dekat dengan tempat ibadah. Kamu juga dapat berfoto ria bersama dengan keluarga maupun sahabat di sekitar kawasan Makam Sunan Bejagung Kidul, kan sia-sia apabila tidak mengabadikan berbagai momen bersama dengan mereka ketika berada di sini.

Lokasi Makam

Makam Syekh Hasyim Alamuddin atau Sunan Bejagung Kidul berada di Desa Bejagung Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Jika ditempuh dari pusat kota Tuban, maka bisa dicapai dengan jarak kurang lebih 2 KM.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA