Search

NU Kebumen Segera Miliki Gedung Pusat Pendidikan

Gedung pusat pendidikan (Edication Centre Building) Nahdlatul Ulama dibangun di kompleks Islamic Centre, Kebumen, Jawa Tengah. Peletakan batu pertama dilakukan pada Jumat (01/04/2022). Kegiatan diawali dengan mujahadah yang dipimpin Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kebumen, KH Afifudin Chanif al-Hasani.

Menurut Wakil Katib PCNU Kebumen Munajat, gedung pusat pendidikan NU itu nantinya akan ditempati MA-PK Ma’arif 01 Kebumen. Di mana selama ini, madrasah tersebut masih satu atap dengan Kantor PCNU Kebumen di Jalan Kusuma. Sedangkan Kantor PCNU Kebumen rencananya akan direhab tahun ini hingga berlantai empat.

“Karena itu MA-PK Maarif 01 Kebumen akan dipindah ke Gedung Pusat Pendidikan NU,” kata Munajat yang Penyuluh Agama Islam pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kebumen itu.

Baca Juga:  Sekolah Bebas Memilih, Mau Gunakan Kurikulum Merdeka atau Tidak

Munajat yang juga Ketua Yayasan Penyelenggara Pendidikan Nahdlatul Ulama (YPPNU) menyampaikan, gedung Pusat Pendidikan NU itu menempati lahan milik IAINU Kebumen. Tahap awal pembangunannya lima ruang terlebih dahulu, sedangkan peruntukannya sebagai pusat pendidikan NU.

Hal tersebut dinilai cukup strategis dan sejalan dengan pendirian Islamic Centre Kebumen sebagai pusat kegiatan Islam yang berfaham Ahlussunah Waljamaah an-Nahdliyyah. Praktis, keberadaan gedung Pusat Pendidikan NU dapat memperkuat pendirian Islamic Centre Kebumen dengan dibentuk pengelola.

Selain untuk pusat kegiatan pendidikan NU, gedung juga pengembangan MA-PK Ma’arif 01 yang diharapkan menjadi madrasah unggulan. Bisa pula dijadikan sebagai laboratorium pendidikan IAINU Kebumen. Terlebih, kampus tersebut memiliki Pesantren An-Nahdloh dan baru membangun Balai Latihan Kerja atau BLK. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA