Search

Muslimat NU NTB Peringati Harlah dengan Pengobatan Gratis

Sejumlah kegiatan digelar dalam rangka memperingati hari lahir ke-76 Muslimat Nahdlatul Ulama. Kendati dalam masa pandemi, hal tersebut tidak menyurutkan minat pengurus dan warga untuk memeriahkannya lewat aneka kegiatan.

Seperti yang dilakukan Pimpinan Wilayah (PW) Muslimat NU Nusa Tenggara Barat yang menyelenggarakan pengobatan gratis. Sejumlah warga tampak antusias mengikuti kegiatan karena memang sangat mereka butuhkan.

Kegiatan pengobatan gratis bagi seratus lansia dipusatkan di Bale Adat, Sembalun Bumbung, Lombok Timur, beberapa waktu berselang.

Ketua PW Muslimat NU NTB, Hj Dewi Yani Wahyuti mengatakan bahwa hari lahir tahun ini dirangkaian kegiatan pengobatan gratis bagi lansia. Dipilihnya Desa Sembalun Bumbung karena sejumlah pertimbangan, salah satunya adalah karena permintaan warga.

Baca Juga:  Resep Ikan Goreng Bumbu Bawang Ketumbar Sederhana yang Enak

“Kami bekerja sama dengan Dikes Lombok Timur dan Puskesmas Desa Sembalun Bumbung dengan melibatkan 20 tenaga kesehatan,” katanya.

Dijelaskan bahwa mereka yang berkenan hadir tidak semata menerima layanan kesehatan, juga bingkisan. Diharapkan hal tersebut juga membantu kebutuhan warga yang mengalami kesulitan imbas pandemi.

“Setiap pasien yang berobat diberikan bingkisan sembako dan obat-obatan sesuai dengan jenis penyakitnya,” terang Dewi.

Hadirnya sejumlah warga juga dimanfaatkan untuk menjelaskan masalah stunting. Karena para perempuan adalah pihak pertama yang akan terlibat dalam masalah ini. Diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan, pola hidup sehat dan makanan bergizi juga disampaikan.

“Selain itu kami juga melakukan sosialisasi bahaya stunting dan pencegahan pernikahan dini,” ungkapnya. Dengan demikian para ibu menjadi garda terdeoan dalam pengetahuan soal tersebut.

Baca Juga:  Panitia Sebut Masih Menunggu Keputusan PBNU Terkait Muktamar

Di antara antrian peserta, juga ada kesempatan menambah keterampilan meriah. Keberadaannya sebagai bonus tambahan atas antusias yang peserta tunjukkan. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA