Search

Akrabnya Presiden Jokowi dan Marc Maquez Jelang MotoGP Mandalika

20 pembalap dunia, termasuk pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka dan mengikuti parade MotoGP di Jakarta pada Rabu kemarin. Kegiatan itu dilakukan menjelang gelaran MotoGP 2022 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret 2022.

Di Istana Merdeka, Jokowi berbincang hangat dengan pembalap Marc Marquez dkk saat menyambut para pembalap MotoGP di Istana Negara. Jokowi pun sempat mengenalkan motornya kepada para pembalap MotoGP.

Jokowi pun menjelaskan motornya kepada Marquez. Obrolan mereka cukup intens. Para pembalap MotoGP lainnya pun tertarik untuk melihat motor custom Kawasaki W175, tunggangan Jokowi.

Meski tak sekencang motor MotoGP, Jokowi menilai motornya memiliki nilai sejarah tersendiri. Sebab, motor itu kerap menemaninya saat bertemu masyarakat. “Sama seperti Anda semua, saya juga suka mengendarai motor. Walaupun motor saya tidak sekeren milik kalian, tapi memiliki sejarah tersendiri,” kata Presiden Jokowi pada rilis resmi MGPA dikutip dari Okezone.com.

Baca Juga:  Wapres Ma'ruf Amin Kunjungi Momen KRI Nanggala 402

“Saya sering mengendarai motor ini untuk mengunjungi daerah, bertemu masyarakat, mendengarkan aspirasi masyarakat, melihat permasalahan di lapangan, meninjau perkembangan pembangunan infrastruktur, hingga mencoba sirkuit di Mandalika,” ujarnya.

Setelah itu, Jokowi pun memberikan doa kepada para pembalap MotoGP. Dia berharap MotoGP Mandalika 2022 dapat berlangsung dengan baik tanpa ada masalah yang menghadang. “Saya berharap yang terbaik untuk balapan Anda semua di Sirkuit Mandalika,” tandasnya.

Usai sesi foto bersama, para pembalap MotoGP menuju motor masing-masing untuk melakukan parade. Ini adalah bagian dari promosi MotoGP Mandalika 2022. Dilepas Jokowi, parade tersebut melalui rute depan Istana Merdeka dan berakhir di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Parade MotoGP disambut warga Jakarta. Mereka berdesak-desakan di pinggir jalan sepanjang rute Marc Marquez. Di Patung Kuda, misalnya, rombongan pebalap MotoGP melintas melambaikan tangan kepada warga yang berada di sepanjang rute.

Baca Juga:  Gus Yaqut Resmikan Rumah Toleransi Ansor Jabar

Sejumlah warga berkumpul di sepanjang kawasan Patung Kuda hingga ke Bundaran HI. Para warga terlihat begitu antusias dengan bersorak sorai dan melambaikan tangan. Tidak butuh waktu lama bagi para pebalap MotoGP tiba di Bundaran HI. Suasana riuh ramai teriakan warga terdengar di Bundaran HI.

Beberapa ada yang meneriakkan nama salah satu pebalap MotoGP Marc Marquez. “Marquez… I love you!,” teriak beberapa warga.

Raungan motor dari para pebalap terdengar bersahut-sahutan. Mereka dikawal oleh petugas Patwal.Terlihat mereka juga melambaikan tangannya ke para awak media. Kemudian para pengguna moge juga turut hadir dalam parade ini.

Para pembalap yang diikuti ratusan pemotor ini termasuk dalam rombongan Grup C, yang akan mengikuti pawai dari bagian belakang. Sementara itu, di bagian depan konvoi akan diisi oleh grup A, pembalap MotoGP.

Baca Juga:  Untuk Pertama Kalinya, Kemenag Gelar Seleksi PPIH Arab Saudi dengan Sistem CAT

Usai melakukan parade, Marc Marquez dkk kemudian meninggalkan Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta untuk melanjutkan perjalanan ke Bandara International Lombok, NTB. “Dadaa…, selamat jalan!” teriak warga sekitar menyapa Marc dkk setelah keluar dari Hotel Kempiski.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengatakan, para pembalap MotoGP langsung menuju Bandara Lombok pada pukul 18.00 WIB. Dia menyebut tak ada pengamanan khusus untuk mengantar keberangkatan para pebalap MotoGP ke Bandara Soekarno-Hatta. “Iya jadi berangkat hari ini, pesawatnya pukul 18.00 WIB langsung tujuan ke Lombok ya,” ujar Zulpan saat dihubungi.

Di Lombok, mereka akan berpartisipasi dalam MotoGP Mandalika 2022 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB pada 18-20 Maret 2022.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA