Search

Bupati Kapuas Apresiasi Pembangunan Pesantren NU

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Tengah melakukan kunjungan ke Kabupaten Kapuas, Rabu (09/03/2022). Tujuannya dalam rangka rencana pembangunan pondok pesantren yang dilaksanakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Palangkaraya.

Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, menyampaikan terima kasih atas kedatangan PWNU Kalimantan Tengah, Ketua PCNU Kota Palangkaraya. Pembangunan pondok pesantren rencananya dilakukan 15 Maret 2022 dan peletakan batu pertama oleh Wakil Ketua MPR RI, Lestari Mujijad. Bangunan berlokasi di kawasan jalur Trans Kalimantan Palangkaraya-Buntok Desa Humbang Raya, Kecamatan Mantangai, Kapuas.

“Potensi pembangunan pondok pesantren di kawasan ini sangat strategis karena berada di jalur yang menghubungkan sejumlah kabupaten di Kalteng,” kata Ben Brahim.

Baca Juga:  RUU ASN Disahkan, Men-PAN RB: Dedikasi Atasi Kesenjangan

Tidak hanya itu, dia juga mengharapkan masyarakat Kabupaten Kapuas, khususnya masyarakat Kecamatan Mantangai, terutama warga Desa Humbang Raya agar dapat mendukung untuk pembangunan pesantren tersebut.

Pondok pesantren NU yang akan dibangun nantinya berada di lahan wakaf H Muhammad Junaidi Siregar seluas 20 hektare.

“Pesantren ini dicanangkan sebagai kawasan pelatihan wirausaha bagi santri untuk program agribisnis, peternakan dan perikanan,” kata Ketua PCNU Kota Palangkaraya, H Muhamad Syahrun.

Karena itu, sebagai pendukung, di lokasi juga dibuka lahan seluas 15 hektare yang disebut sebagai Kampung NU. “Dengan begitu, total luasan yang digarap mencapai 35 hektar,” ungkapnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua MUI Kabupaten Kapuas, KH Nurani Sarji, Mustasyar NU, H Junaidi, Sekertaris NU Kota Palangkaraya, Sa’duddin, Ketua Muslimat Kota Palangkaraya Hj Karammah, Ketua Fatayat NU Kalteng Hj Saidah.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA