Search

Peduli Lingkungan, PBNU Tanam 5000 Pohon di Palembang

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan mendukung upaya reduksi CO2 dan peningkatan oksigen, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melakukan penanaman 5.000 pohon. Secara simbolis, penyerahan bibit tanaman diserahkan Rektor UIN Raden Fatah kepada Alissa Wahid dan KH Ahmad Said Asrori.

Penanaman dilakukan di Kampus B Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Kegiatan juga dalam rangka memperingati Hari Lahir ke-99 NU.

Ketua PBNU, Alissa Qotrunnada Wahid atau Alissa Wahid mengatakan bahwa penanaman pohon ini merupakan salah satu upaya pelestarian di lingkungan kampus dalam jangka panjang. Sehingga dalam beberapa tahun ke depan suasana kampus lebih hijau dan asri. Alissa menyebut penanaman ribuan pohon tersebut diharapkan dapat membangun model kehidupan yang lebih ekologis dan memberikan manfaat bagi lingkungan kampus.

Baca Juga:  THR untuk Anak Yatim dan Marbot Masjid

“Agar kampusnya nyaman, sejuk dan mengurangi kebutuhan untuk pendingin udara. Artinya mengurangi emisi karbon,” kata Alissa di Palembang, Jumat (04/03/2022).

Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian itu juga menyampaikan bahwa penanaman pohon ini merupakan bentuk dukungan terhadap program penghijauan yang digulirkan pemerintah.

“Jangan lupa, Presiden Jokowi mencanangkan akan melakukan penanaman berjuta-juta pohon pada tahun ini. Apa yang dilakukan di UIN Raden Fatah hari ini adalah kick start yang bagus bagi kampus dan NU,” sambungnya.

Sementara itu, Rektor UIN Raden Fatah Nyayu Khodijah menilai penanaman pohon ini merupakan bentuk kepedulian atas pelestarian lingkungan. Dan, penghijauan di lingkungan kampus diharapkan dapat mengurangi polusi di perkotaan.

Baca Juga:  Pondok Pesantren Al-Manar Aceh, PJ Gubernur jadi Inspektur Upacara Hari santri

“Ini kepedulian UIN agar lingkungan kita lebih hijau dan sehat. Oksigen yang dihasilkan dan CO2 yang diserap sangat penting untuk keberlanjutan manusia dan hewan agar bisa hidup lebih baik,” katanya. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA