Search

Sejumlah Tokoh Meriahkan Ajang Pilpres

Litbang Kompas mempublikasikan hasil survei terbaru tentang calon presiden pilihan berdasarkan gugus wilayah. Hasil survei terbaru Litbang Kompas, Prabowo Subianto menguasai Sulawesi, Ganjar Pranowo merajai Jawa, dan Anies Baswedan kuat di Kalimantan.

Survei Litbang Kompas ini digelar pada 17-30 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Responden survei ini ditanya melalui metode wawancara tatap muka. Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95% dengan margin of error plus-minus 2,8%.

Dari 6 gugus wilayah, yakni Sumatera, Jawa, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku-Papua, Prabowo hanya kalah di Jawa (23,3%). Persentase pemilih di Jawa yang memilih Prabowo, masih kalah dari pemilih di Jawa yang memilih Ganjar.

Baca Juga:  Ponpes Al-Fatimah Bojonegoro Apresisasi Kinerja Khofifah Atasi Covid-19

Namun, berdasarkan survei tersebut, Prabowo menguasai 5 gugus wilayah yang lainnya. Dari 5 wilayah itu, persentase pemilih Prabowo paling besar ada di Sulawesi (32,9%). Lalu di Maluku Papua (32,3%) dan Kalimantan (31,3%). Sedangkan Ganjar jadi raja bagi pemilih di Jawa (28,7%). Namun Ganjar tak boleh puas karena ada Ketua Umum Gerindra yang membuntuti (23,3%).

Pemilih Ganjar di Bali dan Nusa Tenggara juga kuat (16,9%). Namun hanya beda tipis dengan pemilih Anies di Bali dan Nusa Tenggara (13,8%). Sementara pemilih Anies Baswedan kuat di Kalimantan (24,1%), tapi tak mendominasi. Prabowo yang tetap jadi capres idaman di Kalimantan (31,3%).

Selain di Kalimantan, Anies kuat di Sulawesi (19%) dan Sumatera (18,2%). Persentase pemilih Anies di Sumatera tak melebihi Prabowo (30,8%), namun lebih banyak daripada Ganjar (11,5%).

Baca Juga:  Astaghfirullah! ES Aniaya Bayinya hingga Tewas lalu Berlibur ke Yogya

Berikut ini hasil survei Litbang Kompas tentang capres pilihan berdasarkan gugus wilayah terkuat: Prabowo Subianto 32,9% (di Sulawesi), Ganjar Pranowo 28,7% (di Jawa), Anies Baswedan 24,1% (di Kalimantan), Sandiaga Uno 10,8% (di Bali, Nusa Tenggara), Agus Harimurti Yudhoyono 7,7% (di Bali, Nusa Tenggara), Basuki Tjahaja Purnama 12,9% (di Maluku, Papua). (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA