Search

KH Said Aqil Siroj, Pengalaman Nonton Film India

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dua periode ini mengisahkan kenangan saat mendapat didikan dari ayahnya, KH Aqil Siroj, di Majelis Tarbiyatul Mubtadi’ien (sekarang Pesantren KHAS Kempek Cirebon, Jawa Barat). Menurutnya, sang ayah dulu mendidiknya dengan tegas dan tidak membedakan dirinya dengan santri ayahnya yang lain. Hal itu dia sampaikan dalam tayangan video podcast di kanal YouTube Pesantren KHAS Kempek Cirebon, Jawa Barat, Kamis (27/01/2022).

“Nah, dari sejak kecil saya diperlakukan seperti santri (pada umumnya). Jadi, kalau tidak bisa ya dibentak-bentak, dipukul, tidak melihat sebagai anak. Bahkan ketika ngaji ada rasa takut karena (merasa) di hadapan guru, bukan di hadapan ayah,” kenangnya.

Baca Juga:  Dwikorita Karnawati Suhu Bumi semakin Panas

Berkat dari ketegasan sang ayah, dirinya bisa mencintai ilmu, meski awalnya menuntut ilmu berdasarkan paksaan. Dari kecintaan pada ilmu itulah, Kiai Said mengaku bahwa dirinya bisa sukses dalam mendalami berbagai cabang ilmu agama, bahkan pada mata pelajaran di luar kurikulum sekalipun. Berangkat dari itu, dia berpesan kepada para pelajar agar menanamkan cinta kepada ilmu supaya bisa maksimal selama proses belajar.

“Harus betul-betul hubbul ‘ilm wal ‘irfan (mencintai ilmu dan pengetahuan). Jadi bukan hanya untuk lulus, tapi ada rasa mencintai ilmu pengetahuan,” ucap Pengasuh Pesantren Luhur Al-Tsaqafah Ciganjur, Jakarta Selatan tersebut.

Kiai kelahiran 3 Juli 1953 itu mengemukakan sang ayah dalam menanamkan semangat belajar pada putranya dibuktikan dengan semangat Kiai Said untuk melanjutkan ke Pesantren Lirboyo. Dirinya langsung masuk tingkat aliyah sampai tamat. Dirinya ia mengaku sejak di Lirboyo memperoleh banyak ilmu agama yang cukup untuk membaca berbagai literatur keilmuan berbahasa Arab.

Baca Juga:  Dyah Hayuning Pratiwi Cegah Stunting dengan Sambal terasi

“Di Lirboyo, saya merasa tekanan dari orang tua berkurang, kadang main-main, sering bolos, nonton film India. (Demikian) karena keamanan Lirboyo tidak mungkin menghukum anak kiai, kecuali Kiai Anwar, Kiai Aziz Mansur yang marah-marah sama saya ketika ketahuan nonton bioskop itu,” kenangnya. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA