Search

Presiden Jokowi Puji Sosok KH Abdul Wahab Chasbullah

Aula – Haul Emas KH Abdul Wahab Chasbullah yang digelar pada Selasa malam 22 Juli 2021 diikuti beberapa tokoh penting salah satunya Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam sambutan virtual, Jokowi sosok Pahlawan Nasional KH Abdul Wahab Chasbullah. Menurutnya  Kiai Wahab adalah sosok ulama yang cinta tanah air selalu menggelorakan semangat kebangsaan.

“Kita mengenal beliau sebagai ulama besar. Sebagai penggerak dan inisiator berdirinya jamiyah Nahdlatul Ulama (NU). Kiai yang memiliki wawasan luas, berpandangan modern, dengan cita-cita besar dan mulia,” ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Jokowi menyampaikan teladan akhlak Kiai Wahab akan terus abadi menjadi isnpirasi bagi bangsa Indonesia. Utamanya dalam menghadapi kondisi seperti sekarang ini. “Dengan doa para kiai, ulama dan habaib, serta ikhtiar masyarakat, kita akan mampu melewati ujian yang sulit ini dengan kemenangan,” kata Jokowi mengakhiri sambutannya.

Baca Juga:  Buka Rapimwil GPK Bengkulu, Sekjen: Milenialnya GPK dan PPP adalah Santri

Selain Jokowi, tokoh yang hadir secara virtual adalah Ketua Umum PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) KH Said Aqiel Siradj. Kiai Said juga menyampaikan sambutan lewat layar kaca. Sedangkan yang hadir secara langsung di Masjid Jamik Tambakberas yaitu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Ketua PWNU (Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama) Jatim KH Marzuki Mustamar.

Selain itu juga hadir KH Mustofa Aqiel Siradj, KH Masduki Abdurrahman Alhafidz, Miftah Maulana Habiburrahman atau yang dikenal Gus Miftah, serta para pengasuh pesantren di Jombang. Haul ke-50 tahun KH Abdul Wahab Hasbullah ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Undangan yang hadir dibatasi, kemudian mereka harus mencuci tangan pakai sabun, serta mengenakan masker.

Baca Juga:  Ansor - Banser Trenggalek Apel Satu Komando Menuju 1 Abad NU

Putri KH Wahab Chasbullah, Hj Mundjidah Wahab mewakili keluarga mengucapkan terima kasih kehadirian seluruh undangan. Ia menyampaikan rentetan acara peringatan Haul KH Wahab Chasbullah diawali dengan khataman Alquran di 50 majlis yang tersebar di 21 kecamatan. Kemudian takziah ke makam KH Abdul Wahab Chasbullah, serta santunan untuk 50 anak yatim dan 50 fakir miskin.

Selain Mundjidah, seluruh putra dan putri Kiai Wahab juga hadir di acara haul emas tersebut. Di antaranya, KH Hasib Wahab, KH Roqib Wahab, Hj Mahfudhoh Ali Ubaid, Hj Hizbiyah Rachim dan Ny Hj Mutamaroh Wahab.

Terkini

13 Mei 2024Tak Perlu Khawatir, Jemaah Haji Bisa Masuk Raudhah dengan TasrehMadinah () — Masuk ke Raudhah dan berziarah ke makam Rasulullah Saw menjadi harapan setiap jamaah haji saat di Madinah. Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Ibadah pada Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Madinah Efrilen Hafizh mengatakan bahwa jamaah haji Indonesia dapat memasuki Raudhah di Masjid Nabawi dengan menggunakan Tasreh. “Jemaah haji Indonesia tidak usah resah karena masuk ke Raudhah itu difasilitasi oleh pemerintah melalui penerbitan surat Tasreh. Jemaah tidak harus mengisi dan mendaftar melalui aplikasi Nusuk secara pribadi,” terang Efrilen Hafizh di Kantor Daker Madinah, Selasa (13/5/2024). Hafizh mengatakan, fasilitas untuk masuk ke Raudhah akan diberikan secara kolektif kepada jamaah. “Di setiap kloter itu akan diterbitkan dua tasreh. Pertama, tasreh khusus untuk perempuan. Kedua, tasreh khusus untuk laki-laki,” jelasnya. Ditambahkan Hafizh, pelaksanaan kunjungan ke Raudhah akan dilakukan paling cepat 3 hari setelah jamaah berada di Kota Madinah. “Setelah diterbitkan, tasreh akan diteruskan ke Kepala Sektor Khusus Nabawi. Jadwal masuk Raudhah akan diinformasikan kepada petugas kloter melalui petugas sektor. Sehingga jamaah tinggal datang pada jadwal yang sudah ditentukan,” papar Hafizh. “Jemaah wajib sudah berkumpul di pintu Raudhah paling lambat 30 menit sebelum jadwal masuk. Petugas Seksus Nabawi akan memandu jamaah dan menyerahkan tasreh kepada petugas yang menjaga Raudhah,” sambungnya. Kepala Daker Madinah telah bernegosiasi dengan pihak keamanan sektor Masjid Nabawi untuk memberikan dispensasi kepada petugas Sektor Khusus Nabawi agar dapat melakukan pendampingan terhadap jamaah haji yang masuk ke Raudhah. “Penerbitan tasreh ini dilakukan oleh Kantor Daker Madinah dan diberikan validasi berupa stempel untuk menghindari duplikasi dan menunjukkan bahwa tasrehnya asli,“ tandas Hafizh. Hafizh mengungkapkan bahwa layanan pemberian tasreh ini merupakan salah satu bentuk kehadiran negara dalam memberikan pelayanan terbaik kepada Jemaah Haji. Jemaah haji Indonesia mulai tiba di Madinah sejak 12 Mei 2024. Proses kedatangan ini akan terus berlanjut hingga 23 Mei 2024. Editor: Moh. Khaeron | Fotografer: Nurhaeni Amir, MCH 2024

Kiai Bertutur

E-Harian AULA