Search

Santri Milenial Harus Kuasai Teknologi

Bupati Nganjuk H Novi Rahman Hidhayat saat memimpin upacara Hari Santri, Kamis (22/10/2020).
Bupati Nganjuk H Novi Rahman Hidhayat saat memimpin upacara Hari Santri, Kamis (22/10/2020).

NGANJUK – Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk menggandeng Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Nganjuk untuk mensuksekan beberapa agenda. Hal itu disampaikan Bupati Nganjuk H Novi Rahman Hidhayat usai memimpin upacara Hari Santri, Kamis (22/10/2020).

Upacara yang digelar di Pendopo Pemkab Nganjuk ini dihadiri pimpinan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda). Tampak hadiri Marhaen Djumadi Wakil Bupati Ngajuk, Kapolres, Kodim, Dr. H Taufiqurrahman Kemenag Kab. Ngajuk dan 200 peserta dari organisasi NU. Seperti pengurus lembaga, banom, PC dan Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama.

Dr. M. Ali Anwar, Koordinator pelaksana Hari Santri Nasional (HSN) Kab. Nganjuk mengatakan, puncak Hari Santri akan digelar pada Sabtu, 24 Oktober 2020. Malam puncak itu, nantinya akan diisi pengajian oleh mubalig terkenal yaitu KH. Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq dari Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan pengumuman pemenang dari beberapa kategori perlombaan, seperti lomba kitab kuning, lomba pidato, lomba tahlil NU, lomba meme/poster HSN, Lomba Karya Tulis Ilmiyah (LKTI), dan Festival Hadrah dan Rebana.

Baca Juga:  Mischka-Devon Menambah 85 Medali Olimpiade untuk Indonesia

“Perlombaan dilakukan secara virtual, diambil 3 pemenang dan hadiahnya kami serahkan pada saat malam puncak HSN itu,” ujar Ali yang juga Ketua PC ISNU Kab. Nganjuk tersebut.

Menurut Ali, santri saat ini dengan santri dulu. Jika santri dulu identik dengan nasionalisme, santri dianggap terbelakang dan semua lini di pondok pesantren dianggap tidak penting. Namun di era modern saat ini, santri justru berperan aktif di masyarakat. Lalu ia mencontohkan santri millenial yang melek digital, dan yang sukses di birokrasi. Seperti Bupati Ngajuk yang merupakan santri alumni Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.

“Di era modern santri sudah melangkah maju, mereka bisa menjadi apa pun, pengusaha, politikus, pendidik, dan masih banyak profesi lagi,” tambahnya.
Bagi Ali, santri tidak cukup jika hanya menguasai ilmu agama saja. Santri juga harus mengusai teknologi, karena fungsinya yang memudahkan hidup. Lewat teknologi pula, santri bisa menyebarkan, menjelaskan nilai-nilai agama.

Baca Juga:  Empat Mahasiswa UI Buat Pelumas Mesin dari Limbah Plastik

“Di sini lah santri bisa melanjutkan misi agama. Posisi santri mengarahkan kehidupan manusia menuju keselamatan dunia dan akhirat,” tutupnya. (lina)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA