Search

Miliaran Rupiah bagi Korban Gempa, NU Jatim Serahkan Langsung ke Lombok

SURABAYA – Perhatian jajaran Pengurus Wilayah Nahdalatul Ulama (NU) Jawa Timur terhadap derita sesama tak Lelah dibuktikan. Khususnya, bagi sesame saudara yang sedang terkena musibah, baik di Lombok, maupun di Palu dan Donggala (Sulawesi Tengah).

Kali ini, PWNU mempertegas kembali kepeduliannya ke Pulau Lomobok. Dengan enyerahkan donasi untuk membantu korban bencana gempa bumi di Lombok Sumbawa, NTB. Donasi yang terkumpul dari warga masyarakat dan warga Nahdliyin Jawa Timur tersebut diserahkan langsung ke pihak NU Peduli NTB dan para penerima bantuan.

Nu jatim peduli 2018

Donasi diserahkan dalam bentuk uang tunai dan mesin air. Itu merupakan bantuan yang diserahkan pada masa rekonstruksi pasca-bencana yang dipergunakan untuk pembangunan Huntara, masjid dan sumbangan untuk pondok pesantren.

Baca Juga:  Terdakwa Pembunuh Satu Keluarga di Magelang Dituntut Penjara Seumur Hidup

“Bantuan yang kami serahkan khusus yang terkumpul lewat pemgurus wilayah saja dengan nilai hampir Rp 6 milyar lebih. Dalam bentuk seperti yang terkumpul di masjid-masjid, ada uang recehnya dan seribuan, seperti itu diserahkan,” kata KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU jatim, usai acara penyerahan donasi di Aula NU NTB, di Mataram, Sabtu 3 November 2018.

Menurutnya, yang dilakukan merupakan sebagai bentuk rasa kepedulian sesama anak bangsa. Seseorang harus satu rasa, hati dan pikiran.

“Jika satu merasakan sakit, semua juga ikut merasakan sakit,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Tim NU Peduli NTB, Baiq Mulyana, bahwa total yang diterina khusus dari PW NU Jatim Rp 5,5 milyar.

Baca Juga:  Gubernur: PON 2020, Jatim Harus Pertahankan Juara Umum

Menurutnya bantuan tersebut dipergunakan untuk tahap rekonstruksi mulai dari pembangunan dua masjid secara permanen, huntara, pembangunan musalla dan bantuan untuk pondok pesantren.

“Bantuan tersebut digunakan diantaranya untuk pembangunan secara permanen dua masjid sebesar Rp 2,5 milyar, huntara 320 unit, empat mushalla dan bantuan untuk pesantren,” terang Baiq Mulyana yang juga menjabat sebagai Rektor UNU NTB.

Bantuan yang diterima dari PW NU Jatim tersebut akan dipergunakan untuk membangun ratusan Huntara yang tersebar di Lombok Utara dengan jumlah paling banyak, lalu di Lombok Barat dan Lombok Timur.

Dalam penyerahan donasi dihadiri langsung oleh Ketua NU Jatim dan Plt Ketua NU NTB Prof Masnun Tahir dan Sekretaris Lalu Winengan serta jajaran pengurus cabang termasuk oleh Wakil Bupati Sumbawa yang dalam kapasitasnya sebagai ketua pengurus cabang NU Sumbawa.

Baca Juga:  Satgas Saber Pungli Sukabumi Pantau PPDB Antisipasi Pungutan Liar

Tidak hanya dari kalangan pengurus NU. Namun juga dihadiri langsung perwakikan warga dan pengurus masjid maupun pondok pesantren sebagai penerima donasi.

Sementara itu Plt Ketua NU NTB Prof Masnun Tahir, mengucapkan terima kasih yang sebesarnya atas donasi yang diberikan untuk membantu warga yang terkena bencana gempa bumi.(red)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA